Sepakat dengan Gus Muhaimin, PAN Ingin Pemilu 2024 Diundur

JAKARTA – Kalangan politisi kini mulai ramai-ramai bersuara menyikapi usulan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin yang ingin menunda Pemilu 2024.

Banyak yang menolak tetapi tak sedikit pula yang mendukung usul dari Gus Muhaimin itu. Bila petinggi PKS, Partai Demokrat, dan PDIP tak sepakat justru berbeda dengan sikap PAN.

Ketua Umum PAN (Partai Amanat Nasional) Zulkifli Hasan mempunyai pandangan yang sama dengan Gus Muhaimin soal memundurkan jadwal Pemilu 2024 mendatang.

Melansir JPNN.com, Zulkifli Hasan yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI menyampaikan ada lima alasan kenapa gelaran Pemilu 2024 pantas untuk dipertimbangkan.

“Salah satunya pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Tentu memerlukan perhatian keseriusan untuk menangani,” kata Ketua Umum PAN, Jumat (25/2/2022).

Alasan kedua, kata Zulkifli Hasan, soal perekonomian di Indonesia belum membaik. Pertumbuhan saat ini rata-rata masih 3 hingga 3,5 persen.

Di samping itu, lanjut dia, situasi masyarakat juga masih banyak yang kehilangan pekerjaan. Termasuk di kalangan pengusaha yang usaha-usahanya belum kembali pulih.

“Alasan ketiga soal perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi, di antaranya perang Rusia-Ukraina dan tidak menentunya harga minyak dunia,” tutur Zulkifli Hasan.

“Itu akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian global dan negeri kita,” kata Ketua Umum PAN itu menambahkan.

Selain itu, tambah dia, persoalan keempat adalah anggaran Pemilu yang sebaiknya dapat dilakukan efisiensi lebih baik dan dikonsentrasikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

“Keberlangsungan program-program pembangunan nasional yang sebelumnya tertunda akibat pandemi,” ucap Wakil Ketua MPR itu menerangkan.

Terakhir, kata dia, di tengah situasi-situasi tersebut penilaian dan persepsi masyarakat tentang kinerja Presiden Jokowi justru sangat tinggi. Berbagai survei menyebut angkanya di atas 73 persen.

Hal ini, menurut Zulkifli Hasan, menunjukkan pengakuan masyarakat untuk keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi yang tidak menentu.

“Mempertimbangkan hal-hal tersebut, serta setelah mendengar masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan, PAN setuju bahwa pemilu perlu dipertimbangkan untuk diundur,” katanya menandaskan.

Diberitakan Jabarekspres.com sebelumnya, Gus Muhaimin mengatakan akan mengusulkan Pemilu 2024 agar diundur maksimal dua tahun. Dia akan membicarakan usulan ini ke Jokowi dan pimpinan partai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan