Jaga Anak Anda dari Bahaya yang Mengintai di Dunia Maya, Begini Caranya

JAKARTA – Pada masa ini, internet telah dengan mudah diakses oleh siapapun tanpa terkecuali, anak-anak salah satunya. Berbekal banyak perangkat yang bisa terkoneksi internet, anak-anak kini bisa dengan mudah masuk ke dunia maya.

Di dalam sana, mereka bisa menjumpai apapun dan melakukan apapun yang mereka suka. Banyak hal bisa ditemui dari sarana edukasi, entertainment bahkan yang terburuk yakni hal-hal negatif yang ber bahaya bagi tumbuh kembang dan psikologis mereka bisa dijumpai di dunia maya.

Kaspersky Safe Kids terbaru membeberkan kalau konten game menjadi salah satu yang paling digemari anak-anak di internet. Selain game, musik, film dan acara TV, hingga mainan dan hadiah juga termasuk yang paling dicari anak-anak di internet.

Dengan bebasnya akses ke dunia maya dan potensi bahaya yang mengintai anak-anak, diperlukan peran aktif dari para orang tua untuk turut serta mengawasi dan mendampingi. Untuk memastikan anak-anak memiliki pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan agar orang tua untuk melakukan beberapa hal agar buah hati mereka senantiasa aman saat berada di dunia maya.

Orang tua harus mau melibatkan diri mereka dalam aktivitas online anak sejak dini. Hal ini diharapkan agar kedepannya dapat diterapkan menjadi kebiasaan yang tepat.

Selain itu, orang tua juga dapat menyelami lebih dalam minat dan hobi anak-anak, serta dapat membantu menjaga hubungan yang kuat dan memilih hadiah paling menarik bagi mereka.

Kemudian, orang tua juga harus menerapkan aturan dasar yang jelas tentang apa yang anak-anak bisa dan tidak bisa lakukan secara online dan jelaskan mengapa aturan itu diberlakukan. Hal ini perlu ditinjau seiring bertambahnya usia anak-anak.

Selain melakukan pendampingan, jangan sungkan untuk berselancar dan belajar bersama. Lihat di mana mereka menghabiskan waktu secara online dan jelajahi cara terbaik untuk menjaga tetap aman.

Kemudian, pertimbangkan juga mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan diskusikan topik tersebut dengan anak-anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa mereka membutuhkannya agar tetap aman saat online. (jawapos-red)

Tinggalkan Balasan