Pemkot Depok Siap Terapkan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengaku sangat siap menyambut era teknologi baru dalam sistem transportasi.

Hal itu setelah menimbang wacana akan diterapkannya Sistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SKPLU) di Kota Depok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menegaskan, Pemkot Depok sangat terbuka untuk menerima setiap perubahan yang memiliki dampak positif bagi kemajuan kota dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, hadirnya era baru penerapan sistem kendaraan berbasis teknologi baru merupakan sebuah terobosan di era kekinian yang harus disambut dengan penuh optimistis.

“Kota Depok siap menerapkan sistem tersebut, baik dari segi regulasi, jaringan dan infrastruktur. Apalagi konsep KBLBB selaras dengan visi pengembangan Smart City Depok,” kata Sidik, Kamis (19/8).

Menurutnya, dari segi regulasi, Kota Depok telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang smart city di mana dalam klausul terdapat uraian tentang pengisian baterai kendaraan listrik.

“Karena itu, hal tersebut akan menjadi pertimbangan dan perhitungan kami ke ke depan. Termasuk memikirkan juga soal bagaimana melibatkan para stakeholder baik itu dari kementerian, PLN hingga perangkat daerah,” ujarnya.

Dikatakan, untuk lebih menguatkan implementasinya, maka Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait KBLBB mulai dari pembinaan dan pengawasan sampai arah kebijakan akan segera dirancang.

Ia optimis, dengan adanya adaptasi sistem transportasi baru ini smart living yang merupakan perwujudan misi pertama, dari kota cerdas yaitu upaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang berkualitas, aman, ramah, nyaman, terintegrasi, dan berkelanjutan akan segera terwujud.

“Karena ini mendukung dari sisi pencapaian misi pertama Kota Depok yaitu pembangunan infrastruktur berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan,” pungkasnya. (mg2)

Tinggalkan Balasan