SMK 2 LPPM-RI Majalaya dan SMK Al Badar Terapkan Pendidikan Berkarakter dan Berdaya Saing Tinggi

BANDUNG– Pendidikan merupakan suatu unsur penting dalam kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan yang baik kualitas sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan. Adanya pendidikan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berkompeten dan berkualitas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu sekolah penggerak yang menerapkan Pelajar Pancasila ialah SMK 2 LPPM-RI Majalaya terletak di Desa Biru Majalaya.

Dengan enam dimensi utama yaitu beriman, bertakwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Hal ini sejalan dengan Visi SMK 2 LPPM-RI yaitu membentuk individu produktif yang “MANTAP” Mandiri, Terampil, Agamis dan Profesional.

SMK 2 LPPM-RI memiliki 4 kompetensi keahlian yaitu teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan, teknik grafika/desain grafis dan multimedia.

Dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memadai guna membantu para siswa mengembangkan diri antara lain ruang desain grafis, bengkel otomotif, bengkel pemesinan, ruang multimedia, ruang cinema, ruang perakitan dan ruang multimedia.

Selain itu, SMK 2 LPPM-RI juga melakukan perubahan penataan mata pelajaran guna menggabungkan soft skill dan hard skill.

Pada kelas 10 difokuskan pada penggalian potensi, menjelaskan gambaran umum tentang kompetensi keahlian serta membangkitkan passion.

Kelas 11 konsentrasi pada Program Keahlian dengan menggunakan Metode Base Project. Dan kelas 12 melakukan penguatan kompetensi siswa melalui Magang/PKL selama 6 bulan di Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

“Dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, kami akan membentuk para siswa menjadi individu produktif yang mantap dan mampu mengembangkan potensi yang berkualitas serta dapat bersaing secara nasional maupun global,” ujar RM Otto Muharam selaku Kepala SMK 2 LPPM-RI Majalaya.

Selanjutnya, terdapat salah satu sekolah penggerak melalui Program Center of Excellence (CoE) yaitu SMK Al Badar terletak di desa Sukamurni Balaraja. Program keahlian yang dimiliki SMK Al Badar diantaranya Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Tinggalkan Balasan