Komunitas Peduli Covid Donasikan Oksigen Gratis untuk Warga Kota Bandung

BANDUNG- Sebuah komunitas yang beranggotakan tujuh orang bergerak membantu sesama dengan menyediakan oksigen gratis selama PPKM Level 4. Adalah Nenih Rahmani, seorang founder program Sedekah Oksigen, mengaku sudah membagikan puluhan tabung oksigen secara gratis di Kota Bandung.

“Awalnya saya punya temen yang nanyain oksigen tapi dia di Karawang. Katanya emang susah cari oksigen dan pas saya cek memang betul nyari ke rumah sakit rumah sakit juga pada engga ada” jelas Nenih saat ditemui pada Senin, (02/08).

Karena sering melakukan program sosial, Nenih kemudian tergerak untuk mengumpulkan uang yang kemudian dialokasikan untuk memberi oksigen. Terlebih setelah ia diminta mencarikan oksigen oleh temannya dan karena ia juga banyak menerima pertanyaan seputar ketersediaan oksigen. Bersama enam orang rekannya, Nenih kemudian mengumpulkan uang dan terbelilah tiga tabung oksigen fullset.

“Saya kan tinggal di Palasari. Kebetulan ada tetngga juga yang isoman dan butuh oksigen, cuman pada saat itu ada tabungnya aja, gaada regulatornya,” tutur Nenih.

Menyadari hal demikian ia bersama temannya kemudia mencari bantuan lewat tokoh masyarakat setempat. Setelah mendapat regulator yag dibutuhkan, akhirnya pasien Covid-19 yang sedang isoman bisa tertolong.

“Dari situ saya mikir, kita punya oksigen tapi yang butuh kadang engga punya regulator. Ada juga yang engga bisa masang. Akhirnya kita pilih untuk semakin banyak ngumpulin dana, kemudian disedekahkan, dan Alhamdulillah tabung oksigen fullset bertambah menjadi sembilan,”ungkapnya.

Komunitas yang juga menyebut dirinya sebagai Relawan Pejuang Isoman ini, mengaku memulai aksi sosialnya sejak tanggal 03 Juli 2021, beberapa pekan lalu.

Meskipun baru satu bulan, komunitas ini mampu menghimpun dana yang cukup besar. Daerah yang pernah mereka sambangi antara lain Palasari, Cibiru, Ujungberung, Pasir Jati, Arcamanik dan Panyileukan, lebih luas daripada rencana awal yang menargetkan sekitar Kecamatan Cibiru saja.

“Alhamdulillah, meskipun baru tapi sudah lumayan besar. Kita pernah paling jauh ke Limbangan Garut,”sambungnya.

Saat ditemui Jabarekspres.com, Nenih baru saja mendonasikan satu tabung oksigen fullset ukuran dua kubik untuk warga di Kecamatan Palasari.

Tinggalkan Balasan