oleh

Puluhan Warga Diberikan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah COVID-19

CIMAHI – Sebanyak 58 warga perwakilan dari setiap RW di Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi mendapatkan pelatihan pemulasaraan jenazah COVID-19 di Aula Kelurahan Cibeureum pada Sabtu (31/7).

Pelatihan ini digelar agar warga bisa melakukan pemulasaraan jenazah COVID-19, seiring meningkatnya angka kematian akibat akibat virus tersebut. Sepanjang Juni sampai Juli, ada 27 warga Cibeureum yang meninggal akibat terpapar virus korona ketika menjalani isolasi mandiri.

Para peserta selain diberi pembekalan materi, juga praktek cara mengurus jenazah dari mulai memadingan, mengkafani, hingga memasukannya kedalam peti mati. Dalam prakek tersebut menggunakan maneken atau boneka manusia, disiapkan pula kain kafan, kantong jenazah, dan peti mati.

Baca Juga:  Resiko Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Tinggi, Vaksinasi Mesti Digencarkan

Lurah Cibeureum, Ahmad Suparlan mengatakan, pelatihan mengenai tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 sangat penting pada kondisi saat ini. Selain karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir, banyak warga yang meninggal dunia akibat wabah ini.

“Banyak permintaan dari warga agar ada pelatihan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19. Hari ini, bekerja sama dengan MUI, DMI, Baznas, dan UPZ, rencana ini berhasil terealisasi,” ucapnya di sela kegiatan.

Baca Juga:  Sudah Divaksin, Sebagian Besar Pedagang di Sadang Serang

Ahmad menjelaskan, permintaan pelatihan ini sudah diajukan sejak Juni lalu atau pada saat angka kasus kematian COVID-19 sedang tinggi-tingginya. Bahkan untuk di wilayahnya saja dalam sehari pernah ada 23 meninggal akibat Covid-19, dan telah dipastikan berdasarkan hasil tes PCR.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga