oleh

Jaga Ekonomi Indonesia, BRI Bangkitkan Pelaku UMKM

JAKARTA – BRI terus berupaya mendorong pemulihan kondisi ekonomi dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya dalam usaha penyelamatan sektor UMKM yang juga ikut terpukul oleh krisis multi dimensional tersebut.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto dalam seminar daring Economic Outlook yang diselenggarakan Harian Ekonomi Bisnis Indonesia, Selasa (6/7), mengatakan bahwa sektor UMKM saat ini berkontribusi terhadap lebih dari 60% perekonomian Indonesia. Bahkan 99% usaha yang ada di Tanah Air saat ini, masuk dalam kategori UMKM.

Baca Juga:  BRI Kembali Torehkan Prestasi Internasional Berupa Best Priority Banking

Dengan porsi yang sangat besar tersebut, 97% dari jumlah pekerja di Indonesia bekerja di sektor UMKM.

Di sisi lain, Amam menjelaskan bahwa sektor UMKM sangat rentan terdampak pandemi atau terimbas negatif dari penerapan kebijakan penanganannya seperti “diam di rumah” atau pembatasan sosial berskala besar.

Dari data BRI, lebih dari 45% UMKM sulit mendapatkan bahan baku dan bahan dasar industri. Sekitar 90% dari UMKM dihadapkan pada kenyataan bahwa permintaan pasar terhadap produknya menurun. Sekitar 70% UMKM menerima pendapatan rendah dan 53% nya mengalami penurunan nilai aset.

Baca Juga:  BRI Salurkan Bansos Kepada 10,7 Juta KPM dan 3,7 Juta PKH

“Untuk membuat ekonomi Indonesia selamat, maka UMKM-lah yang harus diselamatkan. Ini upaya stakeholders untuk betul-betul bisa menyelamatkan UMKM,” terang Amam.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga