oleh

Manfaat Tanaman Stevia, Si Manis yang Menjanjikan

Tanaman Stevia dengan nama latin Stevia, rebaudiana memiliki rasa manis mulai dari daun sampai batangnya. Rasa manisnya memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh. Sebab, miliki kandungan kalori sangat rendah. Bahkan, manisnya tanaman ini memiliki keuntungan menjanjikan.

Yuli S. Yulianti, Soreang

Keberadaan tanaman Stevia mungkin masih belum banyak dikenal masyarakat. Padahal, tanaman ini memiliki prospek menjanjikan bila dikembangkan.

Tanaman Stevia merupakan tanaman perdu yang memiliki rasa manis baik dari daunnya maupun sampai akarnya. Namun, tanaman ini tidak mengandung tinggi kalori seperti gula dari tebu.

Baca Juga:  Mendag: Kebutuhan Beras Dipenuhi Bulog dengan Menyerap Beras Petani

Untuk Kadar manisnya Stevia yang sudah menjadi ekstrak bubuk gula memiliki rasa manis lebih tinggi bila dibandingkan dengan pemanis rendah kalori dari jagung. Sehingga, sangat cocok bila di konsumsi oleh penderita Diabetes.

Di Kabupaten Bandung Stevia tumbuh sangat subur di Kecamatan Pasirjambu, Gambung, dan Kertasari. Namun untuk luas Lahan masih terbatas yakni sekitar 10 hektare saja.

Melihat potensi ini, sebetulnya Dinas Pertanian dan Perkebunan (Disperbun) Kabupaten Bandung berencana akan melakukan pengembangan tanaman Stevia dengan memperluas lahan tanam.

Baca Juga:  Mendag: Kebutuhan Beras Dipenuhi Bulog dengan Menyerap Beras Petani

Ditemui di ruang kerjanya Kepala Disperbun Tisna Umaran memaparkan lebih detal jenis tanaman ini. Menurutnya, Stevia adalah tanaman dari jenis spesies Stevia rebaudiana. Daun hijau Stevia memiliki rasa sangat manis tapi tidak mengandung kalori gula.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

8 komentar

  1. Saya mau nanem stevia,tapi belum punya partner untuk sy bisa jual hasil panen stevia saya,saya butuh kontak orang yg menerima hasil panen stevia saya,sy dr bandung ini no WA sya 0895327749930

  2. Selamat siang,saya tertarik dengan budi daya pohon stevia,saya mempunyai lahan sekitar 2.300 meter dengan ketinggian sekitar 800 dpl daerah Rancakole kec Arjasari kab Bandung,klu ada yg mau ber patner bisa hubungi saya di no 081321756444

Baca Juga