Spektakulernya Persiapan ‘Cimahi Menari’ untuk Rayakan Hari Tari Sedunia

JABAR EKSPRES – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Olahraga, dan Pemuda (Disbudparpora) Kota Cimahi tengah mengagendakan sebuah acara akbar, yakni ‘Cimahi Menari’  dalam Peringatan Hari Tari Sedunia. Kegiatan ini akan digelar pada Minggu, 28 April 2024 yang mana terinsipirasi dari Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi.

Kegiatan Cimahi Menari nantinya melibatkan sekitar 800 penari, termasuk 230 penari dari berbagai sanggar tari di Kota Cimahi.

Menurut Kabid Kebudayaan dan Pariwisata pada Disbudparpora Kota Cimahi, Nina Julita mengatakan, Pj Wali Kota mengimbau 33 OPD untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Setiap satu OPD mengirimkan lima pasang, jadi lima perempuan dan lima laki-laki. Melibatkan juga organisasi vertikal yang lainnya, seperti BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Kejaksaan, kemudian dengan Bank BJB,” jelasnya pada Jabar Ekspress di Kantor Disbudparpora Kota Cimahi, Jumat 26 April 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran Anggota PPK dan PPS Pilkada Cimahi 2024 Dibuka: Ini Proses dan Syaratnya!

Menurut Nina, OPD ini akan diikutsertakan dalam sebuah kompetisi sebagai bentuk penghargaan. Mereka telah melakukan latihan selama dua minggu di Sangkuriang, dengan pelatih yang berasal dari DKKC.

“OPD ini kita lombakan, sebagai bentuk perhargaan,” kata Nina.

Nina menyatakan bahwa mereka berencana melibatkan seribu penari, termasuk yang berasal dari sekolah tari atau pelajar.

“Kalau pelajar kita sanggar, karena kita minta ke sanggar. Karena sanggar ini kan di bawah DKKC,” terangnya.

Nina menyatakan, meskipun ada beberapa tantangan dalam persiapan, semuanya dapat diatasi dengan lancar, seperti rencana awal pelaksanaan di Jalan Amir Mahmud terkendala oleh izin keamanan lalu lintas. Karena, lanjut Nina, keterbatasan jalan keluar masuk yang tidak memungkinkan.

“Akhirnya kita buat skenario kedua yaitu di Jalan Gandawijaya karena memungkinkan dan finish nya di alun-alun,” tuturnya.

BACA JUGA: Meski Turun Harga, Pedagang Daging Ayam di Kota Cimahi Masih Sepi Pembeli

Nina mengatakan, Pusat Perbelanjaan Cimahi Mall menjadi tuan rumah acara “Cimahi Menari”, dimana 800 penari berkumpul untuk tampil di Toko Buana.

“Nanti mereka akan menampilkan tarian Kiwari, setelah itu kemudian baru OPD. Nanti kita bersama-sama menarinya (Forkopimda) dan semua,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan