oleh

Kembangkan Grand Design SiPERKim CALAKAN

Oleh : Ai Saadiyah Dwidaningsih, ST., MT (Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat)

(Peserta Penyetaraan Alumni Reform Leader Academy (RLA) dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II, LAN-RI Tahun 2021)

Teknologi informasi (TI) dewasa ini menjanjikan efisiensi, efektivitas, transparansi, jangkauan global dan kecepatan diseminasi informasi.

Efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan daerah pun dapat ditingkatkan melalui TI ini dengan memperhatikan aspek-aspek hubungan antar lembaga. Potensi dan keragaman daerah, peluang dan tantangan persaingan global dengan menyelenggarakan otonomi daerah.

Peranan TI begitu siginifikan dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah. Bahkan sudah dimulai pada tahun 2003 dengan keluarnya instruksi Presiden No 3 Tahun 2003 tentang Strategi dan Kebijakan Nasional Pengembangan e-Governement.

Penerapan e-Gov merupakan suatu keniscayaan dalam birokrasi Pemerintahan dan layanan publik dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, responsif dan berkelanjutan.

Dampak positif diterapkannya e-Gov ini adalah masyarakat dapat mengakses dan menerima laporan kinerja pemerintah secara aktual dan transparan, sehingga sistem pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.

Gubernur Jawa Barat selalu menginstruksikan untuk melakukan transformasi digital di dalam pelaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin, berulang atau tata kelola administrasi.

Hal ini juga merupakan amanat SDG’s dalam rangka mengantisipasi revolusi industri 4.0, Birokrasi 3.0 untuk mewujudkan good governance dan Reformasi Birokrasi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga