oleh

Data Menyebutkan Vaksinasi Covid-19 Bisa Buat Haid Lebih Deras

JAKARTA – Sejumlah efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang biasa dialami oleh seseorang usai divaksinasi Covid-19 adalah demam, menggigil, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri otot. Kebanyakan orang mengalami efek samping ini setelah mendapat suntikan sebagai indikasi vaksin membangun antibodi untuk melawan virus. Tetapi terlepas dari beberapa reaksi vaksin yang diketahui ini, beberapa efek samping tak biasa juga dialami oleh perempuan. Apa itu?

Baca Juga:  DPO Teroris Saiful Basri Akhirnya Menyerahkan Diri

Dilansir dari Times Of India, Selasa (20/4), beberapa perempuan melaporkan menstruasi yang lebih berat atau di luar siklus dari biasanya setelah vaksin Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, yang dikenal sebagai Sistem Pelaporan Kejadian Merugikan Vaksin (VAERS) hingga saat ini telah menerima setidaknya 32 laporan siklus menstruasi dari 56 ribu peserta. Angka ini mungkin kecil presentasenya, tetapi ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara siklus menstruasi akibat suntikan Covid-19.

Baca Juga:  Pemkot Cimahi Pecah OPD, Bakal Ada 3 Jabatan Esselon II Baru pada Tahun Depan

Masih sedikit penelitian yang tersedia tentang bagaimana vaksin dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Tetapi para ahli percaya bahwa hal itu bisa jadi karena vaksin diketahui menekan sistem kekebalan dan siklus bulanan. Sehingga dapat menyebabkan menstruasi yang lebih berat dari biasanya atau perdarahan di luar siklus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga