oleh

Rumah Jebol Akibat Longsor di Kutawaringin

SOREANG – Kepala Dusun di wilayah 4 Desa Kutawaringin, Kecamatan Kutawaringin, Dedi Wijaya mengatakan bahwa di wilayahnya telah terjadi bencana longsor di dua tempat berbeda yaitu di RW 09 dan RW 12 yang masing-masing menimpa satu rumah.

“Kalau di RW 09 atas nama Oyo Sukmana dan di RW 12 atas nama Jajang Wahyudin,” ujar Dedi di Soreang, Rabu (24/2).

Dedi memaparkan, kerusakan yang terjadi di RW 09 cukup parah karena menyebabkan rumah jebol, tetapi yang di RW 12 kerusakannya tidak terlalu parah. Namun demikian, yang paling dikhawatirkan justru kondisi di RW 12 karena berdekatan dengan irigasi.

Baca Juga:  Buruan Ajukan Pinjaman! Kredit KUR Tanpa Agunan Kini Sampai 100 Juta, Bunganya Cuma 3%,  

Dikhawatirkan jika irigasi tersebut jebol akan menyebabkan longsor yang dampaknya lebih besar, sebab ada sekitar 40 kepala keluarga yang bermukim di sana.

“Jadi di atasnya itu ada saluran irigasi yang tanahnya labil, kalau hujan secara terus menerus dikhawatirkan akan jebol, karena semakin tanah terkikis, air naik ke atas dan irigasinya bisa jebol,” katanya.

Dedi mengaku sudah ada penanganan dari BPBD dan PUTR berupa pemantauan, jadi pihaknya hanya tinggal menunggu realisasi perbaikannya.

Baca Juga:  Iis Dahlia Klarifikasi Soal Insiden Salah Lirik Lagu "Ramadan Tiba"

Kata Dedi, saat ini 2-3 rumah di sekitar sana diungsikan dulu di rumah warga lain yang lebih aman, tidak jauh dari situ. Sementara untuk kebutuhan pokoknya, sudah ada bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Bandung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga