oleh

Kabupaten Bandung Ekspor 6 Ton Kopi Specialty Jenis Arabika ke Jerman

BANDUNG – Kabupaten Bandung mengekspor 6 ton kopi specialty jenis arabika ke Kota Hamburg Jerman, dengan skema ekspor kolaborasi antara Rimbun Jaya Abadi dan Gravfarm.

“Jadi untuk hari ini, kopi specialty dikirim ke Jerman. Kopi kita yang memang punya kualitas di atas rata-rata, sehingga nilainya cukup fantastis hampir 14 dollar per kilogram. Potensi kopinya semua dari Kabupaten Bandung, di mana sudah teruji baik nasional maupun internasional,” ungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bandung Marlan usai melepas armada truk ekspor di Jalan Braga Kota Bandung, Rabu (24/02).

Kopi jenis arabika unggulan Kabupaten Bandung, tutur Asisten Ekbang, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, sehingga diminati para pecinta kopi mancanegara. “Kita sempat ekspor ke Timur Tengah, Australia, New Zealand dan beberapa negara lainnya. Tahun 2021 ini kopi Kabupaten Bandung juga diminati oleh negara-negara di Eropa,” tutur Marlan.

Dengan kuota permintaan kopi specialty yang cukup besar dari Jerman dan juga Belanda saat ini, ucapnya, peluang ekspor bagi petani kopi Kabupaten Bandung cukup terbuka lebar. Namun demikian diperlukan standarisasi dan pembinaan  untuk menjamin kualitas dan kesinambungan ketersediaan barang yang akan diekspor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga