oleh

Dua Mantan Kades di Kabupaten Bandung Diduga Tilep Dana Desa Ratusan Juta

SOREANG – Diduga gelapkan dana desa dua mantan Kepala Desa di Kabupaten Bandung ditahan di kantor Kejaksaan Negeri Kab. Bandung.

Kepala Sub Seksi Penuntutan seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung Rudi Dwi Prastyono mengatakan, Saat ini pihaknya sudah menerima limpahan tahap dua perkara dari Polresta Bandung.

Perkara pertama terkait penyalahgunaan alokasi dana desa dan alokasi dana perimbangan desa (ADPD) di Desa Sukarame Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.

“Pelaku yang pertama inisialnya S, sebagai kepala desa pada tahun 2014-2019,”  ujar Rudi saat dihubungi via telepon, Jumat (22/1).

Rudi mengungkapkan, pelaku S mengetahui adanya kerugian negara sebesar Rp277.595.800.  Uang tersebut digunakan untuk keperluan pencalonan kepala desa pada periode berikutnya.

“Dia nyalonin lagi (kepala desa) untuk periode 2019-2024. Jadi dia korupsi di tahun anggaran 2019 untuk mencalonkan dirinya ditahun berikutnya,” ungkap Rudi.

Selain itu, pada 2019, di Desa Sukarame membeli kendaraan Ambulan dengan cara kredit. Namun, setelah diperiksa baru dibayar uang mukanya saja. Padahal seharusnya bisa dibeli tunai dengan anggaran dana desa.

“Jadi dia hanya memberikan DP sebesar kurang lebih Rp30 juta, sisa uang yang sudah diserap dari anggaran dana desa tersebut, dia pakai untuk kepentingan pribadinya,” beber dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga