Hasil UTBK jadi Syarat Masuk Unpad

 BANDUNG-Universitas Padjadjaran membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 untuk jalur Sarjana, Sarjana Terapan, dan Pascasarjana berbasis daring. Khusus untuk program Sarjana, Unpad membuka seleksi penerimaan di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN, yaitu Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi.

Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti mengatakan, pembukaan pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Jalur Mandiri dapat dilakukan mulai 23 Juni di laman http://smup.unpad.ac.id/. Seleksi seluruhnya akan berbasis dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sehingga Unpad tidak akan menggelar tes lain lagi.

Rina menjelaskan, kebijakan tidak adanya tes mandiri di luar UTBK dilakukan menyusul adanya masa kedaruratan akibat pandemi Coronavirus (Covid-19).

“Kami khawatir pada bulan-bulan tersebut, pandemi belum bersih sama sekali,” ujar Rina, Rabu (22/4) dilansir dari unpad.ac.id.

Pendaftaran seleksi sendiri dibuka sebelum pelaksanaan UTBK dan SBMPTN, yaitu 5 – 12 Juli. Dengan demikian, penilaian pada Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi akan dilakukan setelah pelaksanaan UTBK.

Lebih lanjut dai menjelaskan, seleksi Jalur Mandiri akan murni menggunakan hasil penilaian UTBK. Untuk jalur Kelas Internasional, penilaian akan menggunakan hasil UTBK ditambah tes kemampuan bahasa Inggris. Sementara untuk Jalur Prestasi, penilaian akan menggunakan hasil UTBK serta portofolio prestasi yang berhasil diraih peserta.

Terkait kriteria prestasi yang dinilai, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr Eng Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjelaskan, ada sejumlah prestasi yang bisa dimasukkan antara lain olimpiade sain, olimpiade penelitian, festival inovasi dan kewirausahaan, lomba debat, hingga tahfiz Al-quran.

“Kriteria lebih lengkap nanti bisa dilihat di laman smup.unpad.ac.id,” ungkap dia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menambahkan, seleksi mandiri tidak hanya diikuti oleh peserta lulusan tahun terbaru saja. Bagi peserta lulusan tahun sebelumnya bisa memilih untuk mengikuti UTBK tahun 2020 atau menggunakan hasil UTBK tahun sebelumnya.

Arief menjelaskan, untuk pembukaan pendaftaran Sarjana Terapan sendiri disesuaikan dengan pendaftaran Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi, yaitu 23 Juni. Pendaftaran Sarjana Terapan sendiri memiliki dua jalur, yaitu Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK, serta Jalur Prestasi dengan menggunakan nilai UTBK ditambah portofolio prestasi.

Tinggalkan Balasan