oleh

Cair DAK, Kepsek Harus Setor

BANDUNG – Satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung berinisial MS. Kuat dugaan  Pungli dilakukan dengan cara meminta uang kepada sejumlah kepala sekolah untuk pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sekretaris Satgas Saber Pungli Jabar, AKBP Dr, A. RUSMAN SH, MH mengatakan, OTT dilakukan berdasarkan informasi-informasi dan laporan-laporan pengaduan masyarakat tentang dugaan adanya pungutan liar terhadap pihak kepala sekolah.

Baca Juga:  DAM Buka Pendaftaran Seleksi AHM Best Student 2021

‘’Hasil laporan itu dikaji bersama tim Saber pungli yang terdiri dari BIN, Kejaksaan dan Kepolisian. Sehingga dari data-data yang ditemukan dianalisa dan diputuskan untuk dilakukan penindakan dilapangan,’’kata Rusman ketika dihubungi Jabar Ekspres kemarin, (05/12).

Dia mengatakan, OTT dilakukan setelah mempelajari dan mengalanilsa aduan dan laporan masyarakat yang mengindikasikan masih adanya Pungli terhadap penerimaan Dana alokasi Khusus (DAK). Setelah ditemukan data-data Tim saber Pungli langsung menindak Kabid SMP Disdik Kabupaten yang diduga memungut uang terhadap 7 Kepsek SMP di Kab. Bandung.

Baca Juga:  Soal Dugaan Pemotongan Insentif Nakes, Begini Klarifikasi Kadinkes

Pada waktu penangkapan uang sebesar Rp 52 juta disembunyikan di kantong platik hitam disatukan dengan makanan yang disimpan di dalam mobil. Selain itu, Tim saber Pungli mengamankan 7 buah handphone milik saksi-saksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga