oleh

Guru PAUD Digaji Hanya Rp 1,5 Juta Setiap Tahun

NGAMPRAH– Sebanyak 2.200 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih jauh dari kesejahteraan.

Tercatat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat baru sanggup mengalokasikan gaji sebesar Rp 500 ribu per bulan dan insentif hanya bagi 900 guru PAUD sebesar Rp 1,5 juta per tahun atau sekitar Rp 125 ribu per bulan.

“Dari 2.200 guru PAUD di KBB, baru 900 orang yang mendapatkan insentif. Itupun nilainya hanya Rp 125 ribu per bulan,” kata Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) KBB, Siti Nurul Aini di Ngamprah, Senin (14/10).

Siti menilai, besaran gaji dan insentif itu memang sangat kecil dan belum sebanding dengan sumbangsih mereka dalam membentuk karakter dan mendidik anak sejak dini. Para guru PAUD, juga harus sabar dan kuat secara mental, terlebih bagi mereka yang mengajar di pelosok desa.

Atas dasar itu, kata Siti, pihaknya terus bersinergi dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah agar memperhatikan kesejahteraan para guru PAUD di KBB.

Dia menyebutkan, guru PAUD di pelosok KBB masih ada yang menerima gaji Rp 500 ribu per bulan atau masih di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) KBB 2019 sebesar Rp 2.898.744,63.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga