MUI: People Power Bisa Disebut Haram

”Jangan putus asa misalnya ini tidak didengar, belum tentu. Ada yang menyatakan bahwa ini memang sudah disampaikan ke Bawaslu tapi tidak didengar. Betul kah itu? Bawaslu itu mendengar, ada­pun penyelesaiannya ini ber­tahap. Atau barangkali buk­tinya tidak ada, sehingga tentu yang memproses itu agak kesulitan kalau buktinya tidak ada,” tutur Rachmat menam­bahkan.

Sementara itu, ratusan ulama dan berbagai elemen masyara­kat di Tasikmalaya menggelar deklarasi damai pascapemilu.

Mereka melaksanakan de­klarasi di Mapolres Tasikma­laya usai buka puasa bersama.

Selain mengapresiasi ki­nerja penyelenggara pemilu, mereka juga sepakat untuk mencegah upaya provokasi yang memecah belah persa­tuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat akan menanti dan menunggu hasil akhir per­hitungan dari KPU tentang Pemilu 2019.

Seluruh elemen masyarakat juga mendukung TNI-Polri mengambil langkah cepat dan tepat dalam menyikapi po­tensi kerawanan kamtibmas.

”Kita apresiasi kinerja penyel­enggara pemilu dan masy­arakat menanti dan menung­gu hasil pemilu dari KPU,” ujar Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tasikmalaya Edeng Z Abidin.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi menga­jak sejumlah elemen maha­siswa untuk menciptakan situasi kondusif usai pemilu. Pihaknya meminta maha­siswa untuk tidak ikut-ikutan melakukan aksi people power saat pengumuman KPU 22 Mei 2019 mendatang.

Rudy mengatakan Kota Bandung dan daerah di Jawa Barat pada umumnya kondu­sif usai pemilu. Proses rapat pleno rekapitulasi pemilu oleh KPU Jabar berlangsung aman.

”Kondisi saat ini masih da­lam keadaan aman dan baik-baik saja. Kita berusaha agar tetap tenang,” ucap Rudy.

Menurut dia, lembaga resmi KPU tengah bekerja melaku­kan rekapitulasi secara na­sional. Pihaknya mengajak agar mahasiswa dan sejumlah masyarakat umumnya untuk sama-sama menunggu pen­gumuman resmi dari KPU.

”Sudah ada lembaga yang ditunjuk oleh dewan perwa­kilan rakyat yang menentukan siapa pemenangnya dalam kompetisi ini. Yang di bawah, agar masyarakat tetap tenang dan tidak ikut-ikutan,” kata Rudy. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan