oleh

Peduli Air, YSBI dan TNI Canangkan “Kota 1000 Terang”

SOREANG – Yayasan Solusi Bersinar Indonesia (YSBI) bekerja sama dengan TNI hari ini mencanangkan program “Kota 1000 Terang.” Salah satu programnya adalah mengajak peran serta masyarakat untuk peduli pada air dengan menjadikan sungai Citarum bersih.

Pembina YSBI, Fifi Rahardja menyatakan hal itu saat mencanangkan “Kota 1000 Terang”, di Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung Sabtu, (3/11). Ia menjelaskan maksud kata terang di program ini bukan terang listrik, melainkan menjadikan masyarakat teredukasi untuk meningkatkan keahlian, kesadaran pada lingkungan hidup dan kesejahteraan.

“Program ini mengajak peran serta masyarakat terlibat dalam 5 point utama yakni pendidikan/pelatihan, kesehatan dan olah raga, kesenian dan kebudayaan, ekonomi pemberdayaan dan lingkungan hidup,” jelas Fifi saat pencanangan program “Kota 1000 Terang” ini.

Menurut dia, program tersebut terlaksana berkat dukungan Pentahelix yakni, TNI, pengusaha, pemerintah provinsi dan kabupaten, masyarakat diwakili komunitas dan akademisi. Pada program kesenian dan budaya misalnya, ada program kompetisi film pendek dan fotografi tentang 1000 wajah Citarum.

“Melalui program kompetisi film pendek dan fotografi ini kita ingin ajak masyarakat ke Sungai Citarum untuk melihat sisi positif dan negatif. Positifnya, ada air di Citarum yang kotor luar biasa masih dipakai MCK, mandi, masak, mancing. Sisi negatifnya, kok masih ada warga yang mau pakai air sekotor itu. Karena itu, mari jadikan Sungai Citarum bersih agar lebih banyak mendapat sisi positif daripada negatif,” ujar Fifi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga