Ajay Minta Masyarakat tak Buang Sampah Disaluran Air

CIMAHI– Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna meminta masyarakat lebih sadar akan dampak dari membuang sampah sembarangan. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan.

Hal tersebut dikatakan Ajay lantaran masih banyak ditemukannya sampah-sampah yang berserakan disaluran air. Sehingga saat hujan turun terjadi penyumbatan saluran air oleh sampah yang dampaknya air meluber ke jalan dan meyebabkan terjadinya banjir dibeberapa titik jalan.

“Saat hujan saluran tersumbat dan dampaknya banjir dimana-mana,” katanya, disela-sela kegiatan 06:30 kerja bakti sinergitas antara Pemerintah daerah Kota Cimahi, TNI dan masyarakat, di SMK Pusdikhubad, Jalan Kalidam kelurahan Karang Mekar, Sabtu (3/11).

Menurut Ajay pelaksanaan kerja bakti yang dilakukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) unsur TNI dan masyarakat setempat merupakan salah satu upaya pencegahan banjir saat terjadi hujan. Sebab, di musim kemarau saluran air yang kering kerap dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah.

“Musim kemarau jadi tempat sampah, ketika hujan banjir mampet, yang disalahin pemerintah, itu yang tidak boleh dilakukan lagi,” ujarnya.

Dikatakan Ajay, melalui kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan termasuk parit ini, diharapkan kesadaran masyarakat bisa semakin tumbuh. Alhasil, kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah ini bisa dihilangkan.

“Salah satu penyebab banjir ada prilaku masyarakat yang belum seutuhnya memahami kebersihan. Kita tumbuh kembangkan lagi kesadaran masyarakat,” imbuhnya.

Selain upaya pencegahan banjir, Kegiatan gotong royong ini juga, merupakan salah satu bentuk memperkuat sinergitas antara pemerintah dengan unsur TNI serta masyarakat. Dengan semakin kuatnya sinergitas, maka akan semakin mudah juga dalam menjaga kenyamanan kota, termasuk menjada lingkungan.

Senada dengan Ajay, Danpusdikhub AD Kolonel Chb Dede Mulyana, mengungkapkan, kegiatan gotong royong dalam membersihkan lingkungan ini merupakan salah satu kegiatan untuk mendidik masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan. Semuanya harus memiliki rasa tanggung jawab,” tegasnya.(ziz)

Tinggalkan Balasan