Assalaam Galang Dana Bantu Korban Gempa

BANDUNG – Bencana gem­pa dan tsnunami yang me­landa Kota Palu, Sigi serta Kabupaten Donggala, Sulawe­si Tengah, menggerakkan hati para siswa Yayasan Pendidikan Assalaam, Kota Bandung.

Sambil membawa kotak kardus, para siswa yang di­dampingi guru mengumpul­kan sumbangan di sekitar Alun-Alun Kota Bandung, kemarin (3/10). Tidak tampak raut letih atau lelah, mereka tampak begitu semangat.

”Makanya dengan kegiatan ini kami mendidik para siswa untuk berempati dan mera­sakan penderitaan saudaranya yang terkena musibah,” kata Kepala SD Assalaam, Jainudin di lokasi kegiatan.

Menurut Jainudin, Yayasan Assalam berusaha menanamkan kesalehan sosial kepada siswa sejak dini. ”Kami ingin anak-anak paham, apa yang terjadi pada orang lain bisa terjadi juga pada diri mereka,” ujarnya.

Selain pengumpulan sum-bangan, siswa-siswa Assalaam juga di ajari tata cara shalat Goib sebagai salah satu sya­riat yang di perintahkan oleh agama Islam. Para siswa di ajarkan materi kaifiat dan hukum melakukan shalat Goib sesuai dwngan ajaran Rosul.

”Selain berempati kita juga kan di ajarkan untuk mendoakan korban musibah yang meninggal dunia.” ucapnya.

Sejak pagi pihak yayasan melakukan shalat ghoib yang melibatkan seluruh siswa, pengajar dan pegawai Yayasan. Setelah itu para siswa di beri edukasi mitigasi gempa dan tsunami dengan pemateri dari Badan Meteorologi, Kli­matologi dan Geofisika (BMKG) kota Bandung.

Selanjutnya, para guru men­dampingi siswa-siswa men­gumpulkan sumbangan bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Jainu­din berharap rangkaian ke­giatan tersebut bisa menja­dikan siswa-siswanya memi­liki kepedulian sosial yang tinggi. (feb/rmo/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan