Dari Bandung Menginspirasi Dunia

Ridwan Kamil teringat pesan almarhum ayahnya. Dunia ini perlu orang pintar dan peduli. Pintar saja tak akan berarti apa-apa. Peduli tanpa ilmu mungkin akan menjadi sia-sia. Dia juga teringat pesan ibunya, ”Jangan menolong orang lain sebelum menolong diri sendiri” Meski­pun tidak tergolong kaya raya, Ridwan Kamil merasa bahwa dia telah cukup untuk dirinya sendiri. Inilah saatnya menolong orang lain.

Saat memulai berbagai aktivi­tas sosial dan aktif di komunitas, Ridwan Kamil mulai ”mewakaf­kan” 25 persen waktunya. Porsi itu dia terus tingkatkan, dan sama sekali tidak menurunkan produktivitas kerja profesional­nya di dunia pendidikan dan kewirausahaan.

Dari langkah kecil itulah, dari tangan Ridwan Kamil bersama komunitas yang ter­gabung di Bandung Creative City Forum, lahir berbagai karya sosial seperti Indonesia Berkebun, Bike Sharing, Urban Citizen Journalism. Ridwan kamil juga mencari dana dan membeli sepetak tanah untuk dijadikan taman bermain untuk anak-anak di pemuki­man padat di Kota Bandung.

Kerja kreatifnya untuk kota Bandung semakin intensif dan meluas meliputi isu-isu ke­masyarakatan yang dialami kaum miskin perkotaan. Hal ini dilatarbelakangi oleh te­guran kecil dari seorang nenek, ”Jang, kreatif teh kudu karasa ku kabehan atuh,” (Dek, kratif itu harus menyentuh semua kalangan dong)

Dari sana Ridwan Kamil mulai menggarap sejumlah kerja-kerja sosial kreatif untuk memecahkan permasalahan nyata warga kota seperti ban­jir sampah, dan miskinnya ruang publik di kawasan ku­muh kota. Salah satu proyek monumentalnya adalah proy­eknya di Blok Tempe. Ber­sama komunits kreatif bandung dan masyarakat setempat kini warga berhasil menang­gulangi masalah banjir sam­pah, dan mengelola sistem asuransi kesehatan.

Menjelajahi 100 Kota Dunia

Ridwan kamil berasal dari Bandung tapi menginspirasi orang yang berada jauh di sana, di Amerika. Pada bulan Maret, Ridwan Kamil menjadi satu dari dua orang (yang satunya adalah Wali Kota Barcelona ) yang mendapat penghargaan ”Urban Leadership Award” dari Universitas Pennsylvania. Orang Amerika terinspirasi oleh kerja kreatif Ridwan Kamil membangun kota dengan meng­gerakkan partisipasi komunitas dan warga. Penghargaan ini melengkapi 35 penghargaan lain yang dia raih dalam sem­bilan tahun terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan