Karawang Berpotensi jadi Sarang Teroris dan Narkoba

jabarekspres.com, KARAWANG-Bupati Kara­wang, Cellica Nurrachadiana menyatakan jika daerah yang dip­impinnya berpo­tensi dijadikan tempat bermukim bagi teroris dan jaringan penge­dar narkoba. Pasalnya, Kara­wang merupakan penyangga ibu kota dengan pertumbuhan industri yang sangat pesat.

Menurut Cellica, pembanguanan dan perkembangan pusat industri dan properti di Karawang yang pesat berbanding lurus dengan jumlah warga pendatang yang masuk setiap bulannya ke daerah yang dikenal sebagai lumbung padi tersebut.

“Karawang merupakan wilayah yang di­tunjuk beberapa proyek strategis nasional. Disamping itu juga dapat menjadi wilayah strategis datangnya orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya, kemarin

Kekhawatiran Cellica bukan tanpa se­bab, dikatakannya, kepemilikan KTP ber­domisili Karawang yang dimiliki pelaku bom bunuh diri di Sarinah dan bom panci di Bandung membuktikan selama ini di Karawang masih dianggap wilayah aman pelaku terorisme untuk bermukim. “Pada­hal ketika dicek, orang-orang itu bukanlah penduduk asli Karawang,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, penghuni lembaga permasyarakatan di Karawang yang may­oritas merupakan tersandung kasus peng­gunaan dan penyalahgunaan narkoba, harus menjadi perhatian pelbagai pihak agar tidak dimanfaatkan oleh jaringan pengedar untuk memasarkan barang da­gangan terlarangnya.

“Sekarang sudah banyak modus para penjual narkoba. Hingga internet juga disalahgunakan untuk menjual narkoba,” kata Cellica.

Untuk mengantisipasi lonjakan penda­tang warga luar Karawang yang dikhawat­irkan diantaranya terselubung masuk jarin­gan narkoba dan teroris, ia telah meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk intensif mendata para pendatang serta kontarakan dan kos-kosan yang ada di Karawang, yang dikhawatirkan dijadikan tempat pemukiman pendatang yang tidak diinginkan.(use/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan