Beri Tribut untuk Adam West

Para penggemar serialnya tentu mengingat West sebagai Batman yang lucu. Bukan ka­rena doyan membanyol, namun karena selera humornya yang smart. Dia kerap mengatakan sebaris kalimat konyol dengan wajah datar. ’’Catwoman, kamu itu mengganggu, menjijikkan, dan insegrevious,’’ katanya da­lam salah satu episode. Ini konyol karena kata insegrevious tidak ada di kamus. Kata itu diucapkan komedian Gary Owen untuk menyebut hal yang sangat menyebalkan.

Sayang, serial Batman dipu­tus sepihak oleh ABC setelah dua musim. Hal itu dia ung­kapkan di dokumenter Starring Adam West yang rilis pada 2013. ’’Orang-orang yang me­rekrut, bekerja, dan meng­garap show di stasiun TV tersebut seperti dinosaurus. Buat mereka, Batman adalah kesalahan besar yang nggak kreatif,’’ paparnya.

Padahal, menurut dia, serial yang disutradarai Lorenzo Semple Jr itu punya tone me­narik. ’’Serial perdananya pu­nya nuansa absurd dan penuh humor. Buatku, hal itu sulit ditolak,’’ imbuh West. Jadilah, Batman versinya berjuluk Bright Knight yang fresh.

Dia menyatakan, Batman adalah karakter yang menghi­bur. ’’Tapi, buat memerankan­nya, kalian nggak boleh ber­canda. Kamu harus memasang topeng dan jubah serta percaya bahwa nggak ada yang bakal mengenalimu,’’ paparnya. Atas jasa Bright Knight itulah, oplah penjualan komik superhero yang sempat merosot drastis pada era 1960-an kembali naik.

Karena itulah, kepergiannya mengundang duka jutaan fans. Termasuk mereka yang pernah mengikuti jejaknya memeran­kan manusia kelelawar. Peme­ran Batman teranyar, Ben Affleck, menuturkan, West adalah tela­dan kepahlawanan. ’’Baik hati, menyenangkan, dan secara keseluruhan pria yang hebat. Terima kasih telah menunjuk­kan kami bagaimana kepahla­wanan itu,’’ cuitnya.

Pengisi suara Batman di se­rial TV maupun film versi ani­masi, Kevin Conroy, menjelas­kan, West adalah Batman fa­voritnya semasa kecil. ’’Dia menyuguhkan hiburan dan akting yang benar-benar ber­kelas. Kami bakal merindukan­mu, Adam,’’ tulis Conroy di Twitter-nya. (fam/c16/na/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan