oleh

Rampung Akhir Tahun, Museum Sejarah Bandung Tampilkan Teknologi Canggih

bandungekspres.co.id, CIHAPIT – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung memastikan pembangunan gedung Museum Sejarah Bandung akan selesai akhir tahun ini, yaitu 30 Desember 2016. Hal ini diungkapkan Kasi Pembinaan Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Edward Parlindungan Panggabean kepada wartawan di lokasi proyek, Jalan Aceh, kemarin (27/12).

Menurut Edward, saat ini, pekerja tengah melakukan finishing. Yakni, pengerjaan pelataran gedung dan tempat parkir. ”Sekarang tinggal finishing saja,” tegas Hermawan.

Baca Juga:  Travel Gelap yang Bawa Pemudik Akan Ditindak hingga Dicabut Izinnya

Sementara itu, Ketua Tim Persiapan dan Penggagas Museum Kota Bandung Hermawan Rianto mengatakan, Museum Sejarah Bandung ini akan dibingkai dalam sebuah konsep visual story. ”Jadi diterjemahkan dalam sejarah bergambar. Jadi ada sebuah kurun waktu di mana ada foto, dokumen tentang  profil Bandung sejak didirikan. Materinya berupa foto, dokumen dan audio visual berupa film dan bunyi,” kata Hermawan.

Hermawan menyebut, Museum Sejarah Bandung ini juga akan berbeda dengan museum konvensional pada umumnya. Sebab Museum Sejarah Bandung ini akan lebih mengedepankan sisi teknologi. ”Jadi benda-benda yang dipamerkan di ruangan menggunakan teknologi yang akan di –set up, dia punya layer,” katanya.

Baca Juga:  Wakil Bupati Bandung, Syahrul Gunawan Akan Bangun Ruang Publik dan Kreativitas

Hermawan mengungkapkan, pihaknya juga sempat mengirim tim ke Belanda untuk mengunjungi tempat-tempat yang menyimpan dokumen sejarah tentang Bandung. Dia berharap dengan adanya penandatanganan kerja sama antara Wali Kota Bandung dengan Pemerintah Belanda. Koleksi dokumen sejarah Bandung yang berada di Belanda dapat dibawa ke Bandung untuk menjadi koleksi Museum Sejarah Bandung nantinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga