Dadang Naser Buka Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Kabupaten Bandung

bandungekspres.co.id, SOREANG – Bupati Bandung H. Dadang Mochammad Naser mengingatkan kepada seluruh orang tua untuk membekali anak-anaknya makanan yang sehat dan dibuat dirumah sendiri. Cara seperti ini dipandang paling aman untuk menghindari jajanan makanan yang kurang sehat dan berbahaya.

”Temuan dari Badan Narkotika Nasional atau BNN beberapa waktu lalu, mengungkapkan adanya jajanan anak di beberapa daerah yang mengandung narkoba. Kita semua tentu harus waspada, karena narkoba saat ini tak lagi hanya berbentuk obat semata, namun sudah dikembangkan dengan bentuk lain. Seperti permen dan jenis makanan ringan lainnya yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab,” ungkap Dadang pada Peringatan Hari Pangan Se-Dunia dan Pencanangan Gerakan Sarapan Sehat, Makan Ikan dan Minum Susu di Kabupaten Bandung tahun 2016 yang dipusatkan di Bale Rame Soreang, Selasa (25/10).

Pada kesempatan itu, Dadang Naser mengukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupaten Bandung periode 2016-2021. Forum tersebut sengaja dibentuk untuk mendorong terciptanya upaya peningkatan konsumsi ikan secara teratur dalam jumlah memadai bagi masyarakat di Kabupaten Bandung.

Makanan sehat untuk anak-anak kata Dadang bisa dibuat dari bahan lokal yang tersedia mulai dari sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, ikan, telur, dan juga susu. ”Bahan tersebut banyak mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anak-anak,” tambahnya pula.

Untuk membentuk anak yang sehat dan ceria, kata Dadang, tidak selalu harus mengonsumsi makanan yang mahal-mahal dan sulit diperoleh. Karena bahan makanan itu, sudah tersedia di sekitar kita dan harganya relatif murah. ”Seperti ikan sudah ada di seluruh kecamatan,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Jawa Barat Tahun 2016 yang berlangsung di Pelabuhanratu Kabuaten Sukabumi, Rabu (19/10), Kabupaten Bandung berhasil meraih 11 penghargaan dari berbagai kategori.  Penghargaan tersebut sebagai apresiasi positif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menilai  penanganan pangan di Kabupaten Bandung sudah berjalan baik.

”Mudah-mudahan di tingkat Nasional, Kabupaten Bandung bisa meraih penghargaan yang sama di bidang pangan,” harap Dadang. Dia menyebut saingan terberat dalam meraih penghargaan itu adalah Kabupaten Malang dan Kabupaten Badung, Bali.

Tinggalkan Balasan