Festival Bunga Digelar di Lembang

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Potensi pertanian bunga di Bandung Barat semakin terbuka luas. Bahkan Bupati Bandung Barat Abubakar menyebutkan, Bandung Barat layak mendapat julukan sebagai surganya bunga di Indonesia.

”Pertanian bunga yang dihasilkan telah merambah dan memenuhi kebutuhan berbagai pasar bunga hampir di seantero negeri ini, baik bunga hias maupun bunga potong,” terang Abubakar ketika membuka Asean Flower Festival (AFF) di Lembang, kemarin (25/10).

Bahkan, para wisatawan lokal maupun mancanegara datang tidak hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja. Melainkan, hanya untuk menikmati keindahan perkebunan tanam.

Mengenai festival bunga yang dilaksanakan, Ketua Penyelenggara AFF Ike Dewi Sartika menjelaskan, festival ini memiliki tujuan yang jauh lebih mulia. Yakni, sebagai komitmen untuk lebih mempersatukan berbagai suku dan agama di Indonesia.

”Kami ingin mengangkat kembali kawasan Bandung Raya sebagai Kota Kembang. Serta menjadikan Bandung Barat sebagai pusat tanaman bunga,” terangnya.

Sebanyak 2016 orang peserta dari berbagai kalangan, Dewi berharap festival bunga ini bisa masuk ke dalam rekor MURI sebagai festival bunga dengan jumlah peserta terbanyak. Sebab, festival ini merupakan momen yang mampu memecahkan rekor.

Selain itu, kata dia, ada pameran bunga dengan menampilkan hiasan-hiasan bunga dan bunga potong berbagai gaya dan media. Sehingga bunga potong dapat menyampaikan berbagai bentuk dan gagasan baru.

Hal tersebut akan menjadi spirit para petani bunga akan lebih bersemangat dan konsentrasi pada usaha tani bunga. Ada juga demonstrasi dan workshop merangkai bunga. Demonstrasi bunga tegas Ikke, untuk pemecah rekor dunia (Guennuss Word Record) sebagai pesan persahabatan antar bangsa-bangsa Asean melalui perlombaan merangkai bunga dan rangkaian bunga terpanjang di dunia.

‪Bunga rampai kegiatan juga digelar lomba merangkai bunga tradisional dan modern, workshop merangkai bunga, sebagai perkenalan kepada generasi muda. Dirangkaian AFF 2016 pegungunjung akan disuguhi lomba pemilihan putri bunga, fesyen show busana Pantastik Bunga, lomba foto bunga dan kegiatan AFF 2016.

Pengunjung juga akan diajak  seminar dan business meeting dengan topik kebangkitan floris tropis. ”Diharapkan melalui kegiatan ini terjadi komunikasi yang efektif antara produsen bunga dan buyer antar negara-negara Asean,” pungkasnya. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan