Warga Protes Merasa Ada Diskriminasi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Warga Kelurahan Cipegeran, Kecamatan Cimahi Utara, mengaku dirugikan dengan sikap pengelola Pom Bensin di Jalan Sangkuriang, Kecamatan Cimahi Utara. Pasalnya, pembelian gas hanya dikhusukan untuk satu RW saja, sedangkan warga lainnya yang juga bertempat tinggal di sekitar lingkungan Pom Bensin tersebut tidak mendapat jatah itu.

Atas dasar itu, Slamet Widodo salah seorang warga RT 04/07 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara mempertanyakan kepada Pertamina maupun Hiswana Migas terkait pendistribusian gas 3 kilogrsm  ke pom bensin di Jalan Sangkuriang. ”Jika hanya dikhusukan untuk warga RW 05 saja kami merasa ada diskriminasi, saya sebagai masyarakat Kelurahan Cipageran yang tak jauh dari Pom Bensin jelas merasa dirugikan, sedangkan kebutuhannya sangat mendesak,” ungkapnya, kemarin.

Pihaknya meminta Pertamina untuk memberikan penjelasan di media massa perihal persoalan tersebut. ”Jika memang dikhususkan untuk warga setempat, hendaknya tidak dipasang spanduk dan distribusi lewat belakang tidak terbuka,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Aliansi Peduli Masyarakat Cimahi, beberap kali mereka menyampaikannya kepada DPRD Kota Cimahi terait dengan harga yang terus melonjak dan kurangnya pengawasan dari pejabat berwenang, padahal kebutuhan gas elpij sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Koordinator Aliansi Peduli Masyarakat Cimahi, Suharto menyebutkan sesuai dengan data BPS Tahun 2014 menunjukan jumlah Kepala Keluarga (KK) di Kota Cimahi adalah 363.353 dengan asumsi kebutuhan per KK 5 tabung elpiji atau dalam setahun dan 4500 UKM.  Ditambah lagi hari libur keagamaan, kebutuhannya hanya 35, 485 juta tabung setahun, sedangkan kuota untuk Kota Cimahi adalah 63,9 juta tabung pertahun. ”Jika melihat antar kebutuhan dan kuota seharusnya stok gas elpiji di Kota Cimahi lebih dari cukup, sehingga tidak akan terjadi kekurangan dan kenaikan harga, karena stoknya lebih besar dari kebutuhan, lalu kelebihan ini untuk apa dan untuk siapa?” jelasnya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan