Gubernur Resmikan Multikampus IPB di Kota Sukabumi

 

bandungekspres.co.id, SUKABUMI – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemkot Sukabumi dan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka multikampus di Kota Sukabumi. Bahkan direncanakan pihak perguruan tinggi tersebut akan segara membuka pendaftaran mahasiswa baru pada pertengahan Mei mendatang.

Peresmian multikampus IPB di Kota Sukabumi dilakukan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Komplek Politeknik Sukabumi di Jalan Babakan Sirna Kota Sukabumi, kemarin (3/5). Gubernur juga meninjau gedung kampus yang sebelumnya digunakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kota Sukabumi. dalam kesempatan itu, selain dihadiri sejumlah kepala daerah di Jawa Barat juga dihadiri  perwakilan siswa dari sejumlah SMA di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Cianjur.

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, mengatakan dibukanya multikampus IPB di Kota Sukabumi sebagai langkah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kampus tersebut memberikan peluang bagi lulusan SMA di Jawa Barat, khususnya Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta Cianjur. ”Harapan saya, semakin besar daya tampung kampus semakin banyak lulusan SMA di Sukabumi yang tertampung di perguruan tinggi,” jelasnya.

Untuk sementara, IPB menggunakan gedung bekas kampus Program Studi Keperawatan Stikes yang dipindahkan ke kampus utama di Jalan Karamat Kota Sukabumi. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk perluasan Kampus Stikes di Jalan Karamat. ”Kalau Stikes dipindahkan, IPB bisa leluasa menggunakan gedung yang ada di Jalan Babakan Sirna,” kata Aher.

Pemprov Jawa Barat segera mengupayakan pembangunan kampus IPB di Kota Sukabumi. Seluas 11 hektar lahan telah dibebaskan dan 2016 ditambah 6 hektar. Pemprov Jawa Barat juga akan menganggarkan pengadaan lahan pada APBD perubahan 2016.

”Tahun ini lahan sudah ada seluas 17 hektar. Mudah-mudahan pada APBD perubahan provinsi atau paling lama APBD 2017 dianggarkan untuk pengadaan minimal 4 hektar sehingga menjadi 20 hektar. Saya kira 20 hektar sudah cukup untuk kampus baru IPB di Kota Sukabumi,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Aher, Pemrov Jawa Barat segera berkordinasi dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) RI untuk pengajuan biaya pembangunan gedung agar masuk pada APBN 2018. ”Jadi pada 2018 IPB di Kota Sukabumi sudah memiliki kampus baru yang cukup megah dan luas,” tuturnya lagi.

Tinggalkan Balasan