Gubernur Resmikan Multikampus IPB di Kota Sukabumi

Aher berharap, dibukanya perguruan tinggi negeri di Kota Sukabumi mampu membina perguruan tinggi swasta di wilayah tersebut. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, IPB juga bertugas mengontrol dan mengatrol kualitas perguruan tinggi swasta (PTS).

”Selain mengembangkan kampus, ke depan IPB juga membina perguruan tinggi di Kota Sukabumi agar lebih banyak kampus dengan kualitas yang lebih baik,” ujarnya.

Rektor IPB Herri Suhardiyanto mengatakan, ada empat program studi yag akan dibuka di Kota Sukabumi. Dua program studi jenjang Strata 1 yakni Prodi Agronomi dan Holtikultura, Prodi Ekonomi Pertanian Sumberdaya dan Lingkungan, sedangkan  Diploma 3 yakni Prodi Petenakan dan Prodi Perikanan. Masing-masing prodi hanya menampung sebanyak 40 orang. ”Semua dosen dari IPB yang ditugaskan mengajar di Kota Sukabumi,” katanya.

Khusus jenjang Strata 1, IPB melakukan Program Pembinaan Akademik dan Multibudaya sebagaimana mahasiwa baru lainnya. Selama satu tahun,  mahasiswa wajib tinggal di asrama yang berlokasi di kampus IPB Dramaga.

Wali Kota Sukabumi H Mohamad Muraz, menambahkan, potensi lulusan SLTA di Kota Sukabumi cukup baik. Tapi karena alasan ekonomi, banyak orangtua yang kesulitan menguliahkan anaknya ke perguruan tinggi negeri apalagi di luar daerah. ”Kuliah di luar daerah butuh biaya untuk kosan atau biaya hidup. Kalau ada kampus negeri di Kota Sukabumi maka pengeluaran biaya bisa ditekan,” katanya. (ndi/rie)

Tinggalkan Balasan