oleh

KPK Izinkan Proyek Hambalang Lanjut

bandungekspres.co.id – Rencana pemerintah untuk melanjutkan proses pembangunan Komplek Olahraga Hambalang, Bogor Jawa Barat terus dimatangkan. Agar tidak kembali gagal, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pemegang proyek terus berkordinasi dengan lembaga terkait.

Kemarin (28/3), perwakilan Kemenpora mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi. Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, kedatangannya guna konsultasi agar pembangunan ulang berhasil.

”Kami tidak ingin salah langkah, jangan sampai ada hambalang kedua,” ujarnya di Kantor KPK, Jakarta kemarin. Sebab, berdasarkan surat dari KPK 27 Juli 2015, saat itu Taufiqurrahman Ruki menyarankan agar jika dilakukan pembangunan harus berhati-hati. Mengingat masih ada pergerakan tanah.

Seperti diceritakan Gatot, dalam pertemuan kemarin, KPK memberi ruang untuk kembali melanjutkan. Namun, KPK yang diwakili Saut Situmorang menekankan agar dilakukan audit secara komprehensif. ”Kalau perlu nanti harus ada audit yg lebih lengkap, jangan sampai Mubazir nanti,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, KPK juga mewanti-wanti pihaknya agar kesalahan atau penyimpangan prosedur seperti dulu untuk tidak terulang. Terkait hal itu, Gatot menegaskan, Kemenpora sudah menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna melakukan pendampingan sejak awal.

Dalam kesempatan itu, KPK juga meminta dilakukannya audit menyangkut kewajiban pemerintah membayar kontraktor, yakni KSO Adhi Karya dan Wika. Pasalnya, ada perbedaan penghitungan antara KSO serta konsultan independen terkait pembayaran tersebut.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga