Bus Budiman Terbakar

bandungekspres.co.id– Sekitar pukul 13.00, bus PO Budiman dari arah Bandung tujuan Jakarta bernomor polisi Z 7758 HA terbakar di jalan tol Purbaleunyi km 110.600, tepatnya di Kampung Cinona RT 01/11, Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tercatat ada 44 orang penumpang yang rata-rata berasal dari Tasikmalaya dan Ciamis.

bus budiman kebakaran
Istimewa

HANGUS: Kondisi bus PO Budiman yang terbakar di jalan tol Purbaleunyi km 110.600, Senin (4/1) siang.

Kepala Polres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi membenarkan, adanya kebakaran pada bus Budiman, namun tidak berakibat korban jiwa. Pasalnya, para penumpang berhasil menyelamatkan diri ketika api yang diduga berasal dari mesin yang berada di belakang bus itu mulai membakar bus. ’’Tidak ada korban jiwa dan luka pada penumpang. Karena pada saat terbakar penumpang berhasil menyelamatkan diri,” kata Ade, kemarin.

Kapolres menambahkan, sebelum terjadinya kebakaran sudah ada tanda-tanda letusan kecil. Ketika mulai terbakar para penumpang tidak berbuat banyak hanya menghindari dari api dan menyelamatkan diri. ’’Sebelum terbakar ditandai dengan suara letusan kecil, kemudian kendaraan berhenti di bahu jalan sebelah kiri. Tak lama kemudian keluar percikan api dari mesin yang terletak di bagian belakang bus,” kata kapolres.

Bus PO Budiman naas itu dikendarai Heru Herwanto, 40, warga Dusun Bantarsari RT 05/06, Desa Sukahurip, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Atas kejadian itu, Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi meminta keterangan Heru. ’’Sementara seluruh penumpangnya melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menumpang Bus PO Budiman lain,” tukas Ade.

Secara terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bandung Barat Dadang Dahyar mengatakan, tidak menerima laporan terkait kebakaran Bus PO Budiman. Kemungkinan besar kebakaran yang menimpa bus tersebut sudah bisa ditangani oleh PT. Jasa Marga. ’’Untuk kejadian yang sekarang kami tidak menerima laporan. Biasanya bila mendapat informasi kebakaran, kami siap mengerahkan mobil damkar yang berada di pool Padalarang. Di Padalarang kami menyiagakan tiga mobil damkar,’’ kata Dadang.

Tinggalkan Balasan