oleh

Dari Pentas Seni hingga Jual Air Kotor

Aksi Warga Bandung Galang Dana untuk Korban Asap di Riau

KUALITAS udara di provinsi Riau dan sekitarnya sudah sangat mengkhawatirkan. Berbagai upaya pun dilakukan warga Indonesia di bagian lain untuk membantu. Tak terkecuali di Kota Bandung.

Sejumlah komunitas menunjukkan aksinya untuk Riau. Salah satunya Indonesia China Youth Exchange Program (ICYEP) 2015. Program bentukan Kemenpora ini berisi pemuda-pemudi aktivis, mahasiswa, atau entrepreneur yang pernah mengikuti pertukaran ke negara Tiongkok. Melalui aksi Hands for Haze, mereka menggalang dana untuk membantu warga Riau dan sekitarnya.

Baca Juga:  Komunitas Tionghoa Kirim Bantuan 100 Juta Untuk Korban Bencana di NTT

Reno Andifa Hasan, 21, salah satu alumni ICYEP menjelaskan, Hands for Haze ini sudah dilakukan selama tiga hari sejak Jumat (9/10). Dalam tiga hari itu, sudah terkumpul dana sebanyak Rp 7 juta. Nantinya dana tersebut akan disalurkan kepada warga yang terkena kabut asap melalui relawan Pekanbaru.

’’Ada lima daerah yang masuk zona merah kabut asap. Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan. Semua dana akan disalurkan ke daerah tersebut dalam bentuk uang tunai,’’ terangnya saat ditemui Bandung Ekspres di Jalan Ir H Djuanda kemarin (11/10).

Baca Juga:  Setiap Bulan Ramadan, PMKS di Kabupaten Bandung Marak Bermunculan

Nantinya, uang tersebut akan dibelikan masker, vitamin, susu, dan tanaman Sanseviera atau Lidah Mertua. Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. ’’Gelombang pertama disalurkan pada 13 Oktober. Nanti ada lagi gelombang kedua,’’ ujar Reno.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga