Kampanye Tanpa Protokol Covid-19, Siap-siap Dibubarkan Polisi

CIMAHI – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat bakal melakukan tindakan tegas berupa pembubaran massa yang tidak mengindahkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19) dalam berbagai tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Machmud, Kota Cimahi, Selasa (8/9).

Dikatakannya, semua tahapan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan.

“Tapi ketika sudah melampaui batas dan melanggar aturan Covid-19, tentu kita akan bubarkan,” tegas Erdi.

Di wilayah hukum Polda Jabar, tercatat ada delapan wilayah yang akan melaksanakan pemilihan kepada daerah pada 9 Desember mendatang. Yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Depok.

Dikatakan Erdi, di Jawa Barat sudah dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan kegiatan Pilkada ditengah pandemi Covid-19. Termasuk saat mengumpulkan massa ketika tahapan kampanye dan pencoblosan di TPS.

Seperti wajib menggunakan masker, menyediakan alat cuci tangan hingga menjaga jarak dan tidak saling bersentuhan. Aturan-aturan tersebut, kata dia, sudah disampaikan kepada unsur penyelenggara seperti Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Peran dari kepolisian itu mengimbau kemudian menyampaikan dan melihat bagaimana mekanismenya yang sudah dan sedang berjalan. Mudah-mudahan dari panitia penyelenggara tetap menjalan SOP karena baik dari Polda dan Pemda sudah menyampaikan hal yang sama,” jelasnya.

Ditegaskan Erdi, penerapan protokol khususnya meminimalisir kerumunan massa harus benar-benar dilakukan supaya penyelenggaraan Pilkada di Jawa Barat tidak menjadi kluster baru penularan virus korona.

“Kerumunan massa atau ketika sekumpulan masa inilah yang dikhawatirkan jadi kluster baru virus korona,” katanya.

Secara keseluruhan, lanjut Erdi, kepolisian di Jawa Barat sudah siap melaksanakan pengamanan proses Pilkada ditengah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Covid-19 ini. Khusus dari Polda Jabar, pihaknya akan mengerahkan 3/4 kekuatan untuk membantu Polres di wilayah yang melaksanakan pesta demokrasi.

“Pada intinya kita sudah siap untuk menyukseskan Pilkada dengan aturan baru dengan situasi sekarang,” tukasnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan