Sekolah Negeri Masih Jadi Favorit

SOREANG – Kepala SMAN 1 Margahayu, Aa Hudaya, membantah sekolahnya telah menutup Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK Provinsi Jawa Barat 2018. Informasi beredar jika sekolah yang berada di Jalan KH Wahid Hasim itu telah menutup proses pendaftaran, ternyata hal itu hanya salah persepsi orangtua.

”Orang tua siswa yang berprofesi sebagai guru ingin mendafarkan anaknya, tapi dia tidak mengetahui ada kriteria persyaratan yang harus dilengkapi. Sehingga ada salah persepsi,” kata Aa saat dikonfirmasi Jabar Ekspres di ruang kerjanya, kemarin (5/6).

Lebih jauh di menceritakan, jika pada hari pertama pendaftaran ada orang tua siswa yang mau mendaftar melalui jalur PMG (Penghargaan Maslahat bagi Guru). Sesuai dengan persyaratan yang terdapat di sistem pendafataran jalur tersebut, orang tua siswa yang bekerja sebagai guru harus melampirkan kriteria persyaratan. Diantaranya, SK Guru, SK Sertifikasi, SK Jam kerja, Surat Pengantar dari atasannya dan KP4.

”Yang menjadi salah per­sepsi adalah orang tua calon peserta didik tidak melen­gkapi kriteria persyaratan tersebut. Sehingga panitia tidak bisa mengupdate sistem secara online,” jelasnya.

Dijelaskan Aa, setelah diberi pengertian oleh panitia PPDB SMAN Margahayu. Akhirnya orang tua tersebut mengerti dan memahami tentang adanya kriteria persyaratan yang harus dilengkapi.

”Kami, panitia hanya meng­upload data pendaftar/calon peserta didik yang sesuai dengan jalur dan persyaratan. Yang sesuai dengan yang ada disis­tem penerimaan,” tegasnya

Aa juga mengimbau ke semua orang tua siswa atau calon per­serta didik baru yang hendak mendaftarkan ke sekolah yang dituju harus memahami tentang persyaratan yang ditentukan dan harus mengerti dan matang dalam menentukan jalur apa yang mau diambil.

”Teliti dulu tentang persyara­tan, sebelum menentukan jalur apa yang mau diambil untuk mendaftarkan anaknya di SMA/SMK yang dituju,” ungkapnya.

Pantauan hari kedua (kema­rin, Red) suasana PPDB di SMAN Margahayu berlangsung lancar. Bahkan dikatakan Aa, diban­dingkan tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di hari yang sama meningkat. Alasannya, lantaran jalur pendaftaran yang lebih terbuka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan