Taman Dilan Akan Segera Dibangun

BANDUNG – Terinspirasi dari film Dilan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) rencanannya akan membangun Taman Dilan di Kota Bandung.

Menurutnya, pembangunan tersebut dilakukan karena dampak serta besarnya pengaruh tokoh Dilan bagi Kota Bandung, khususnya generasi milenial.

Selain itu rencana tersebut merupakan dedikasi pada sebuah cerita untuk Kota Bandung, sehingga perlu di abadikan legenda Dilan jadi sebuah taman.

Dengan adanya, taman Dilan kelak dapat menjadi tambahan wisata baru di Bandung. Taman yang bakal bertempat di kawasan Gor Saparua Bandung itu akan berisikan mural, foto, serta kalimat-kalimat ikonis dari kisah Dilan yang ditulis Pidi Baiq.

“Generasi sekarang kan kalau selfie tidak hanya melalui latarnya foto atau karya seni, kalau ada tulisan yang terikat dengan mereka secara emosi itu juga di foto, seperti kalimat Pidi Baiq yang ada di dekat alun-alun Bandung saja sudah ribuan yang tag foto di sana,” katanya.

Di samping rencana pembangunan Taman Dilan, Emil juga mengatakan hendak menjadikan Bandung sebagai kota yang ramah bagi produksi dunia perfilman.

Menurutnya, Bandung punya berbagai tempat dengan aspek bernilai yang dapat dimanfaatkan sebagai latar cerita atau lokasi syuting film.

Ada tempat bersejarah seperti Museum Konferensi Asia Afrika, lokasi-lokasi jaman dulu, atau latar tempat akademis seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Parahyangan, Universitas Padjadjaran, dan sebagainya.

Dia mengaku ingin Bandung dan Jawa Barat bisa seperti Ubud, Bali setelah dijadikan lokasi syuting Eat, Pray, Love yang menarik banyak wisatawan.

“Kami ingin Bandung dan Jawa Barat jadi movie maker friendly city. Bandung itu kaya tempat jadul banyak, mau yang akademisi banyak, agak ‘ngebronx’ juga ada, jomlo juga banyak untuk figuran,” katanya sembari berkelakar. (mg1/yan)

Tinggalkan Balasan