Saluran Air Bermasalah Akibatkan Gedung Bocor

BANDUNG– Pemandangan memprihatinkan  terlihat di area toilet dan tempat berwudu tepatnya di lantai 2 Gedung D di Komplek Perkantoran Kabupaten Bandung Barat karena bocor. Akibatnya, air merembes dan menetes di toilet Kantor Satpol PP, bahkan sampai ke lobi kantor tersebut.

Bahkan, salah satu toilet di Kantor Kesbangpol sekarang tidak bisa dipergunakan lagi. Karena rembesannya menetes seperti air hujan. Parahnya air di lobby lantai dua antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) dan Kantor Kesbangpol, menggenang ke lantai.

Petugas Kebersihan dibantu Staf DPAD KBB, Adiaksa langsung ikut membersihkan genangan air yang terus menetes. “Kemungkinan besar ada yang mampet di saluran tempat wudu, jadi airnya merembes ke lantai sini,” katanya kemarin.

Menurut Adiaksa, biasanya genangan air tidak separah sekarang. Kemungkinan pada saluran pembuangan air di tempat wudu tersebut mampet sehingga melebar ke ruang lobby. “Padahal sudah dibilangin, jangan berwudu di situ. Tapi tetap saja ada yang bandel. Jadi banjir begini,” keluhnya.

Sementara, Kepala Bidang Bidang Tata Bangunan Gedung, Permukiman dan Jasa Konstruksi Dinas Permukiman dan Pekerjaan Umum KBB Yoga menjelaskan, gedung D yang dibangun tahun 2012-2013 tersebut memang sedang dalam perbaikan. “Biasanya perbaikan pada malam hari. Dikerjakan hari Sabtu Minggu,” jelasnya.

Namun karena tingkat kerusakannya cukup berat maka tidak langsung selesai. Dikatakannya, untuk pemeliharaan gedung tersebut sebelumnya berada di Bagian Perlengkapan Setda KBB. Baru tahun ini dilimpahkan ke pihaknya.

Persoalan kerusakan gedung kata Yoga, sebenarnya tergantung pemeliharaan pemakai gedungnya. Ia mengeluhkan perilaku pengguna gedung seperti buang sampah di saluran air. Karena cleaning servis dan kebersihan gedung bukan tanggungjawabnya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang para Kasubag Umum masing-masing SKPD untuk menyatukan persepsi tentang menjaga kebersihan. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan