DPRD Dorong Pembangunan Puskesmas Baru

BANDUNG– Kecamatan Kiaracondong merupakan salah satu kecamatan terpadat di Kota Bandung, namun terkait fasilitas kesehatan dinilai masih belum maksimal. Pasalnya kecamatan dengan penduduk mencapai 165 ribu tersebut, baru memiliki dua puskesmas.

Melihat hal tersebut, Anggota DPRD Kota Bandung, Erwin akan mendorong untuk penambahan fasilitas kesehatan yang paling dengan masyarakat tersebut. Dengan demikian, dapat memudahkan warga untuk mengakses kebutuhan kesehatan.

“Paling tidak di Kecamatan Kiaracondong ini, ada 4 puskesmas. Maka kita dorong untuk penambahannya,” ungkapnya usai reses kepada wartawan di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Minggu (24/11).

Menurutnya, akses kesehatan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat, sehingga perlu mendapat perhatian lebih. Jangan sampai jadi kendala yang akhirnya membuat kebingungan masyarakat, untuk berobat atau kebutuhan kesehatan lainnya. “Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, agar hal ini diperhatikan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Ade Supriadi menambahkan, menyoroti terkait keluhan masyarakat akan persoalan BPJS. Banyak yang merasa keberatan dengan kenaikan biaya program kesehatan pemerintah pusat ini, karena memberikan beban baru.

” Terkait soal BPJS akan kita tindaklanjuti ke depannya, termasuk fasilitas puskesmas di Kecamatan Kiaracondong ini,” terangnya.

Camat Kiaracondong, Rina Dewiyanti menuturkan bahwa kedua fasilitas puskesmas, berada di kawasan Babakan Sari dan Babakan Surabaya.

Diakuinya keberadaan dua puskemas, kurang dapat menjangkau masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan.

“Rencananya kami ajukan tambahan satu puskesmas lagi untuk memenuhi kebutuhan warga. Karena di Kecamatan Cinambo yang penduduknya berjumlah 30 ribu jiwa, ada satu puskesmas. Seharusnya dengan jumlah penduduk yang berjumlah 165 ribu, ada puskesmas lebih dari dua,” tuturnya.

Rina menambahkan untuk daerah seluas Kiaracondong, dibutuhkan setidaknya empat puskesmas. Untuk pengadaan tempat layanan kesehatan tersebut, pemerintah tengah mencari lahan yang cocok.

“Sebenarnya sudah ada lahan yang diincar untuk dibangun puskesmas. Namun sekarang masih dalam kajian oleh pemerintah kota,” tandasnya. (mg5/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan