Bandung- Pangandaran Jadi 4 Jam

BANJAR – Nama Pangandaran kini menempel digerbong kereta api KAI jalur baru Stasiun Gambir-Bandung-Banjar. Kereta baru tersebut dilaunching di Stasiun Banjar oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, kemarin (2/1).

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyambut gembira kehadiran KA Pangandaran tersebut. ”Hari ini menjadi istimewa dan bersejarah bagi kami, selain itu juga cukup mengobati kekecewaan kami warga Pangandaran karena libur tahun baru kami sepi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara grand launching KA Pangandaran di Stasiun Banjar.

Menurut Jeje, penamaan KA Pangandaran membawa keuntungan besar bagi Kabupaten Pangandaran sendiri.

”Tentunya akan membuat Pangandaran semakin terkenal. Ini menjadi bagian dari promosi murah dan menjadi tanda zaman bahwa Pangandaran akan semakin maju,” ungkapnya.

KA keluaran tahun 2018 tersebut juga dapat mempermudah akses dan menambah kepastian angkutan massal ke Pangandaran.

”Hanya tinggal connecting saja, nanti kami akan pikirkan untuk menyambungkan akses angkutan dari Banjar menuju Pangandaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jeje juga menyampaikan keinginannya untuk membranding KA Pangandaran dengan pemandangan panorama alam Pangandaran.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, peluncuran KA Pangandaran sejalan dengan program Jabar Juara.

Menurutnya, alat transportasi modern sangat ditunggu masyarakat Jawa Barat. ”Oleh karena itu kami mempunyai program memperbaiki sarana-sarana transportasi di Jawa Barat, kami berterima kasih kepada PT KAI atas kolaborasi yang baik ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kereta api mempunyai kelebihan dalam mode transportasi massa. Selain lebih murah dan bebas macet, juga aman dan memiliki disiplin waktu yang baik.

”Mudah-mudahan kehadiran KA Pangandaran ini akan lebih banyak memberikan manfaat untuk masyarakat banyak,” ungkapnya.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, nama KA Pangandaran diambil karena daerah tersebut sarat potensi wisata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar.

Beberapa wisata di wilayah Kabupaten Pangandaran diantaranya Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon dan lainnya dianggap menjadi daya tarik yang menjual.

”Dioperasikannya KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan