3 Kepala Daerah Berikan Motivasi

BANDUNG – Tiga kepala daerah berprestasi Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil), Bupati Bayuwangi Azwar Anas, Bima Arya dan Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memberikan kisah-kisah inspiratif kepada ratusan generasi milenial dalam memajukan daerahnya.

Dalam paparannya Emil.menekankan, generasi muda harus memiliki kreatifitas, ide dan gagasan. Sebab, melalui ide langkah awal untuk menapaki kemajuan sudah dimulai.

Menurutnya, Selama ini pemprov Jabar sudah memberikan ruang khusus bagi para generasi muda melalui program-program unggulannya. Bahkan, pemprov sudah memiiki Perda tentang pengembangan ekonomi kreatif.

“Saya sudah berdialog langsung dengan generasi muda diberbagai kesempatan, dan saya berikan ruang seluas luasnya untuk bersinergi dengan pemprov Jabar,”kata Emil ketika ditemui usai acara seminar ispiratif dengan tema, ‘Mari Bung Rebut Kembali’ digedung Sasana Budaya Ganesa Sabtu malam (9/2).

Dia menilai, di era digital saat ini pekembangan informasi tumbuh dengan pesat. Namun, informasi tersebut adakalanya sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat. Khususnya generasi milenial. Sehingga, berdampak pada ancaman terhadap keutuhan Indonesia sebagai bangsa dan negara.

Pentingnya menjaga persatuan menjadi syarat utama sebuah negara menjadi maju dan terus berkembang. Sehingga, roda perekonomian pun terus tumbuh dan ide kreatif akan berkembang.

Emil mengatakan, banyak kisah negara-negara besar yang pecah bahkan musnah, semisal Afghanistan yang tujuh suku besar di sana tak pernah berhenti bertikai. Begitu juga Yugoslavia yang kini terpecah menjadi Serbia, Bosnia-Herzegovina, dan Kroasia.

“Di Afghanistan, seminar yang membicarakan industri kreatif seperti ini tak mungkin dilakukan,” jelas Emil.

Oleh karena itu, keragaman suku, agama, bahasa, dan ras, harus dijaga agar industri kreatif bisa terus tumbuh di Indonesia. Selain itu, penguatan SDM juga harus dilakukan. Sebab, manusia Indonesia di masa depan tak hanya harus pintar secara intelektual tapi juga emosional.

“Jangan kaya seperti yang viral itu yah, ditilang motor malah dirusak sendiri,” ucap Emil.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya dalam pembekalannya lebih mengedepankan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuat generasi muda saat ini memiliki banyak kemudahan dan memiliki jutaan kesempatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan