Pos Indonesia Luncurkan Inovasi Layanan Terbaru

24
layanan baru pos
PERMUDAH WARGA: PT Pos Indonesia (Persero) melakukan inovasi beberapa layanan yang dapat mempermudah masyarakat dalam menggunakan jasa Pos Indonesia. inovasi layanan tersebut adalah Contact Center Oranger, Magenpos, Agenpos B2B Kurir, Agenpos B2B Jaskug, dan Layanan Kargo Ritel Udara di Agenpos. Peluncuran layanan tersebut di lakukan di Kantor Pos Jakarta Pusat oleh Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus, Kamis (11/10).

JAKARTA – Dunia kini sedang menghadapi Revolusi Industri 4.0 dimana perubahan terjadi dengan begitu cepat dengan impak yang sangat luar biasa.  Kondisi seperti ini juga disebut dengan disruptive era (era disrupsi),  era penuh gangguan dengan banyaknya perubahan situasi di mana pergerakan dunia industri tidak lagi linear. Perubahannya sangat cepat, fundamental dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru. Disrupsi menginisiasi lahirnya model bisnis baru dengan strategi lebih inovatif dan disruptif. Cakupan perubahannya luas mulai dari dunia bisnis, perbankan dan keuangan, transportasi, logistik, hingga pendidikan.

Pesatnya perkembangan persaingan bisnis pos, menuntut pengelolaan bisnis secara professional yang berorientasi pada kemampuan menciptakan nilai tambah, maka diperlukan adanya strategic sales bisnis pos untuk memenangkan kompetisi bisnis dengan pesaing. Sehingga PT Pos Indonesia (Persero) melakukan inovasi  beberapa layanan yang dapat mempermudah masyarakat dalam menggunakan jasa Pos Indonesia.

Adapun inovasi layanan tersebut adalah Contact Center Oranger, Magenpos, Agenpos B2B Kurir, Agenpos B2B Jaskug, dan Layanan Kargo Ritel Udara di Agenpos. Peluncuran layanan tersebut di lakukan di Kantor Pos Jakarta Pusat oleh Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus, Kamis (11/10).

CONTACT CENTER ORANGER

Pos Indonesia menawarkan layanan terbaik untuk para pelapak, pelaku UMKM serta masyarakat umum dengan memberikan layanan pick-up gratis melalui call center 1500261 yang dapat diakses mulai 10 Oktober 2018. Untuk saat ini baru dapat diakses di 4 (empat) regional dalam Jawa yaitu Regional 4 meliputi Jatabek, Regional 5 meliputi Jawa Barat & Banten, Regional 6 meliputi Jateng & DIY serta Regional 7 meliputi Jatim, tujuh Regional lainnya akan diberlakukan dalam waktu dekat. Caranya cukup mudah saat call ke 1500261, pengirim cukup menyebutkan nama, nomor telepon, serta alamat / lokasi penjemputan, atau menyebutkan kode booking Pos Order Number (PON) dan lokasi penjemputan. Kode booking melalui PON dapat diperoleh dengan registrasi di http://www.posindonesia.co.id/pon.

Saat ini, ada sekitar 300 ribu transaksi per bulannya yang berhasil di pickup oleh seluruh kantor pos se Indonesia.

M-AGENPOS

M-Agenpos adalah aplikasi mobile berbasis android native yang dikembangkan untuk Layanan Payment (Pembayaran berbagai angsuran, antara lain : PLN, Telekomunikasi, PDAM, PBB, Tiket pesawat/Kereta Api, Premi asuransi, Finance, dll), Layanan Wesel Instan Bayar (Pembayaran wesel instant kepada penerima weselpos) dan Layanan Kurir (Layanan pengiriman surat dan paketpos) oleh agenpos. Dengan aplikasi ini masyarakat pengguna layanan Pos tidak harus datang ke outlet kantor pos, namun sebaliknya, Pos Indonesiamelalui layanan M-Agenpos akan memberikan pelayanan dilokasi pelanggan berada.

AGENPOS B2B LAYANAN KURIR

Agenpos Business to Business (B2B) adalah agenpos yang dikembangkan dengan pola kerja sama antara POS dengan mitra berbadan usaha yang telah memiliki banyak channel yang terhubung secara online.

Mitra wajib menyediakan koneksi jaringan virtual (VPN) yang  menghubungkan Host Mitra dengan Host PT Pos Indonesia (Persero), begitu juga PT Pos Indonesia (Persero) juga menyediakan infrastruktur dan system aplikasi Layanan Jasa Kurir  menggunakan application programming interface (API) yang akan menghubungkan system Mitra dengan Sistem Pos.

Aplikasi yang digunakan oleh channel Mitra didalam jaringannya disediakan oleh Mitra dan harus melalui proses pengujian dan sesuai spesifikasi yang ditetapkan oleh POS.

Dengan pola B2B ini diperkirakan jumlah agenpos akan tumbuh dengan cepat dari 6.000 agenpos eksisting menjadi 45.000 agenpos. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, akan berdampak pada pertumbuhan pendapatan Perusahaan.

AGENPOS B2B LAYANAN JASA KEUANGAN

Layanan B2B (Bussines to Bussiness) adalah merupakan Layanan Kemitraan Channel Pospay. Sejak tahun 2002 PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan aplikasi Sistem Online Payment Point Pos (SOPP Pos) dan PT Pos Indonesia mengembangkan sebagai One Stop Payment Services Biller dan hingga tahun 2018 telah bekerja sama dengan ± 380 Biller.

Pada awalnya Aplikasi SOPP Pos dikembangkan dengan platform In House Application dan dilayani melalui loket Kantorpos & Agenpos berbasis desktop yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan media pembayaran secara cash (tunai).

Dengan perkembangan teknologi terutama aplikasi payment pada aplikasi smartphone dan tuntutan alternatif pembayaran (selain outlet PT Pos Indonesia) baik secara cash dan non cash maka PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan kerjasama dengan mitra dengan pola B2B.

Transaksi Cash dimana Loket dedicated milik Mitra (Teller), tanggung jawab dan pengawasan dapat dilakukan langsung oleh Mitra. Sedangkan transaksi non-Cash menggunakan Device atau media pembayaran yang dimiliki Mitra (berupa ATM, EDC, e’Banking, SMS Banking, App Smarthphone, media lain sesuai perkembangan teknologi).

Sedang maksud dan tujuan dikembangkan layanan B2B adalah sebagai berikut :

Efektifitas dan Efisiensi Layanan PosPay (Collecting diluar Loket Pos).

Memperluas Jaringan Layanan   (Tempat Pelayanan & Device).

Kemudahan Pelayanan Kepada Masyarakat (Meretensi Konsumen Calon Mitra

Meningkatkan Kontribusi Pendapatan

Meningkatkan Bargaining Position PT Pos Indonesia (jumlah biller demi tarif yang kompetitif)

 

KARGO RITEL UDARA BAGI AGENPOS

Produk layanan Kargo Pos Ritel Udara (KRU)  sudah dilauchingkan pada bulan Oktober Tahun 2017 dan hingga saat ini tersedia di 58 Kantor Pos besar di Indonesia dan terus akan bertambah. Kini Pos Indonesia kembali lakukan terobosan dengan memberi kesempatan kepada Agenpos di seluruh Indonesia untuk dapat melayani jasa layanan produk  Kargo Pos Ritel Udara . Sehingga layanan produk Kargo Pos Ritel Udara ini dapat diakses dengan mudah dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan  masyarakat/pelaku bisnis yang akan mengirimkan barang dagangan atau barang lainnya dalam partai besar atau bulky.

Proses bisnis kargo pos dirancang secara efisien sehingga tarif yang dikenakan sangat kompetitif dibandingkan kompetitor. Produk Kargo Pos ini  memberikan kemudahan bagi pelanggan karena adanya layanan pick up service dan delivery. Seluruh kiriman kargopos menggunakan sistem aplikasi sehingga dapat dilacak keberadaannya. (*/rls)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.