Membaca Bisa di Kolecer dan Candil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus membuktikan kinerjanya. Dalam 100 hari kerjanya sejak dilantik men­jadi gubernur, sudah banyak program yang diluncurkan. Kemarin, ia me-launching Kolecer dan Candil. Acara dikemas melalui talkshow di Taman Sempur, Bogor, dengan program Kick Andy yang ditayangkan secara tunda di MetroTv.

KOLECER adalah Kotak Literasi Cerdas. Se­dangkan Candil adalah Maca Dina Digital Li­brary (Perpustakaan Baca di Digital, Red). Ino­vasi ini leading sektor-nya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar.

KESEPAKATAN KEPALA DAERAH: Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta sejumlah kepala daerah di Jabar menandatangani kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan urusan perpustakaan.

Untuk membumingkan inovasi tersebut, 27 ke­pala daerah di Jawa Barat yang hadir saat acara menandatangani kesepakatan bersama tentang Penyelenggaraan Urusan Perpustakaan antara Gubernur Jawa Barat dengan Bupati/Wali Kota di Jawa Barat. Hadir pula para kepala Dispusipda dari 27 kabupaten/kota.

Selama tiga jam, tamu undangan dan peserta yang hadir disuguhkan acara inovatif. Dimulai dengan penampilan lagu literasi yang dinyanyikan Ferry Curtis. Musisi yang sudah selama 17 tahun aktif dalam menggemakan gerakan literasi.

17 AKTIF BERNYANYI LITERASI: Ferry Curtis (kiri) menyampaikan gerakan literasi melalui bernyanyi. Sudah 17 tahun Ferry menggemakannya.

“Guru yang hebat senang membaca. Murid yang pandai selalu membaca. Pemimpin yang besar pasti membaca. Bangsa yang maju, bangsa mem­baca,” begitulah penggalan lirik lagu yang dinya­nyikan Ferry.

Lagu pembuka selesai. Talkshow Kick Andy disiarkan. Dipandu host Andy. Gubernur Ridwan Kamil ikut naik ke panggung mendampingi. Men­jadi co-host. Sekaligus bintang tamu. Ferry pun diundang ke panggung menjadi bintang tamu.

DIKEMAS DALAM TALKSHOW: Host Kick Andy (kanan), Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah), dan Najwa Shihab saat launching Kolecer dan Candil di Taman Sempur, Kota Bogor, Sabtu (15/12).

Talkshow semakin menarik saat Andy mengun­dang satu per satu bintang tamu. Di antaranya Najwa Shihab. Selain sebagai presenter terke­muka, Najwa juga merupakan Duta Baca Indo­nesia. Dihadirkan juga pegiat literasi di Jawa Barat yakni Dede Fudu Abdurrahman, guru di Tasikmalaya. Dalam wawancaranya, Dede menga­jak masyarakat aktif berliterasi dengan cara yang sungguh inovatif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan