Lanjutkan Pembangunan Daerah Terpencil

BANDUNG – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara konsisten akan menyelesaikan semua pembanguan infrastruktur di seluruh pelosok. Infrastruktur dinilai penting bagi masyarakat meningkatkan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai, semua pembangunan infrastruktur harus tetap berjalan. Sebab, adanya pembangunan infrastruktur mulai dari jalan raya, pelabuhan laut maupun pelabuhan udara, maka seluruh sektor perekonomian akan tumbuh dan bergerak secara merata.

“Indonesia kini telah memiliki 15 trayek tol laut yang menuju ke wilayah bagian timur, salah satunya ke Pulau Papua. Itu membantu perekonomian yang semakin berkembang,” kata dia.

Dikatakan dia, adanya tol tersebut membantu pemerintah dalam menyuplai bahan pokok seperti beras, minyak, gula dan lainnya. Pembangunan infrastruktur juga membantu penyesuaian perbandingan harga, di mana dulu sangat jomplang antara Indonesia bagian timur dengan bagian barat.

“Pak Presiden waktu itu menyinggung mengenai bensin juga. Di sana dulu bisa Rp.50 ribu perliter, sekarang sudah sama. Sehingga kesejahteraan ada di seluruh Indonesia bukan Jakarta saja,” kata dia.

Maka dari itu, Budi mengharapkan berbagai pembanguan infrastruktur di Jawa Barat yang telah dan akan dikerjakan bisa meningkatkan produktivitas demi kemajuan ekonomi masyarakat. Terlebih, dirinya juga mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membangun Jawa Barat agar mampu memberikannya produktivitas terbaik.

Dirinya mencontohkan, pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan berimplikasi pada setiap pengembangan daerah sekitar mulai Majalengka, Indramayu dan Cirebon. Selain itu, Pelabuhan Patimban di Subang juga diproyeksikan menjadi pusat angkutan logistik yang selama ini berpusat di Tanjung Priok.

“Diharapkan akan menjadi alternatif baru angkutan logistik kalau menuju Jakarta macet. Jadi pusat pertumbuhan yang membuat Subang, Majalengka, Karawang, Indramayu dan Cirebon, menjadi satu tempat industri yang luar biasa,” kata dia.

Selain itu, Budi menilai wilayah lain yang akan berkembang dengan adanya pembangunan tersebut adalah Sukabumi. Dia menyebut, Sukabumi akan menjadi daerah pariwisata favorit. Terlebih, sampai saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menyosialisasikan Geopark Ciletuh wisatawan.

Tinggalkan Balasan