Lomba Tata Kelola Dana Bos

jabarekspres.com, SOREANG -Untuk meningkatkan mutu Tata Kelola Dana Biaya Oprasional Sekolah ( TKD-BOS), Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menggelar lomba. Setelah memverifikasi semua sekolah dan berhasil menjaring beberapa Sekolah Dasar (SD) dan SMP, Disdik pun meminta  sekolah itu ikut serta dalam lomba TKD BOS, tingkat provinsi Jabar mewakili Kabupaten Bandung.

SDN Mekarmaju Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, berhasil meraih predikat terbaik pada lomba TKD BOS SD tahun 2016 – 2017. Serta sekolah ini maju pada lomba serupa ditingkat Provinsi mewakili Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H Juhana yang di wakili Kepala Bidang Pogram dan DAI Disdik H Yayat Hendayana, mengatakan bahwa lomba tata kelola BOS ini bukan tujuan akhir. Namun sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pengelolaan dana BOS di sekolah, yang pada akhirnya meningkatkan proses hasil belajar mengajar di sekolah dasar /madrasah.

“Implementasi mengikuti lomba tata kelola BOS tingkat Jabar ini, akan menjadi tolak ukur keberhasilan sekolah dalam mengelola dana tersebut dengan baik dan benar,” jelas Yayat, usai menerima tim penilai lomba tingkat Provinsi di SDN Mekarmaju Pasirjambu, baru-baru ini.

Menurutnya setiap sekolah mengikuti lomba tata kelola baik tingkat kabupaten, bertujuan untuk memberikan pembelajaran Kepala Sekolah dan bendehara sekolah agar mengerti tentang tata kelola dana BOS dengan baik sesuai dengan juknis yang ditentukan.

” Yang menjadi penilaian dalam lomba, tim penilai menitik beratkan pada sisi penilaian perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan dampak dari digulirkannya dana BOS,” ucap Yayat.

Yayat mengatakan, pesan lain yang disampaikan oleh Kadisdik agar pengelolaan dana BOS yang sudah baik ini dapat senantiasa ditingkatkan. Bahkan harus ditularkan pada sekolah khususnya di sekitar sekolah yang berhasil meraih predikat baik.

Dalam menerima tim penilai lomba tingkat provinsi di sekolah tersebut, turut hadir sejumlah pejabat dilingkungan Disdik, selain Kabid Program dan DAI, juga Kepala UPT TK, SD dan Nonformal Pasirjambu Asep, UPT Rancabali H. Komarudin, Ketua PGRI Cabang Pasirjambu, Kepala Desa Mekarmaju, Asesor Tim penilai dari Provinsi Jabar, Komite sekolah selaku perwakilan orang tua siswa, dan Para Pengawas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan