Kenalkan anak tanam sayur, PAUD Bunda Asuh Nanda gandeng Pertanian

jabarekspres.com, BANDUNG – PAUD Bunda Asuh Nanda Unit Ujung Berung terpilih sebagai salah satu PAUD percontohan yang dipilih oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam pelaksanaan pendampingan Program PAUD Holistik Integratif berdimensi Sosial Budaya dan Ekonomi (PAUD HISBE).

Program ini memicu PAUD untuk melaksanakan program pengajaran dari seluruh aspek termasuk salah satunya aspek sehat lingkungan dan semangat berwirausaha. Salah satu program pendampingan yang dilaksanakan di PAUD Bunda Asuh Nanda ini adalah pelaksanaan praktek menanam sayur oleh kelompok anak TK A dan TK B. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu 12/09/2017 di PAUD Bunda Asuh Nanda Jalan Ujung Berung Indah Raya No.1.

“Kegiatan praktek menanam ini bertujuan untuk membangun cinta lingkungan pada anak. Hal ini juga akan mampu melatih anak untuk menghargai proses menanam hingga menghasilkan panen. Kemudian hal ini juga akan mampu membangun semangat wirausaha anak setelah ada hasil panen. Jadi dengan adanya satu kegiatan ini diharapkan akan memberikan lebih dari satu aspek pemahaman kepada anak. Dengan belajar menanam ini diharapkan mampu mengajari kesabaran, menghargai proses, membiasakan diri menanam tumbuhan kebutuhan sehari-hari tanpa membeli dan juga dapat menanamkan semangat wirsausaha,” ujar Kepala PAUD Bunda Asuh Nanda, Tati Juati.

Pelaksanaan kegaiatan ini merupakan hasil kerjasama sekolah dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung yang dipasilitasi oleh pendamping. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan masyarakat sehingga Dinas Pangan dan Pertanian wajib mendukung permintaan dari sekolah terkait pengenalan tanaman.

Menurut Pengelola Kebutuhan Laboratorium Kultur Jaringan di UPT Pembibitan Dinas Pertanian Kota Bandung, Ibu Andin kegiatan pada hari ini terlibat langsung sebagai narasumber dalam kegiatan penanaman. “Bahwa Dinas Pangan dan Pertanian memiliki kegiatan pembinaan untuk anak sekolah PAUD hingga SMA. Untuk tingkat PAUD, pembinaan yang dilakukan yaitu pengenalan kepada anak mengenai jenis tanaman seperti kegiatan yang dilakukan yang hari ini. Kami terbuka jika ada sekolah lain yang ingin melakukan kegiatan seperti ini, insyaAllah akan kami support, pemohon dapat mengajukan surat permohonan kepada kami dan kami akan layani sesuai permintaan, contohnya permohonan narasumber, benih dan media tanam seperti permohonan yang dilakukan oleh PAUD Bunda Asuh Nanda,” imbuh Andin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan