Nuswantara Alpha Menyelenggarakan Simulasi Bencana Gempa Bumi untuk PAUD di Sumedang

Kemah Adaptasi Bencana Indonesia (IDA Camp) ke-4 menampilkan sesuatu yang berbeda kali ini, dengan sebuah video viral tentang anak-anak PAUD yang melakukan simulasi gempa bumi di tengah pesta ulang tahun. Dalam video tersebut, anak-anak PAUD tampak sedang berlarian mencari ibu mereka dan mengambil langkah-langkah keselamatan gempa dengan menggunakan benda-benda lunak seperti tas dan buku untuk melindungi kepala.

Video ini merupakan bagian dari pelatihan kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang diadakan oleh Nuswantara Alpha sebagai acara sampingan di IDA Camp #4, yang berlangsung dari Rabu hingga Jumat (24-26 Januari 2024) di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, Sumedang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh tiga Polwan dari Polres Kabupaten Sumedang, yang membantu anak-anak PAUD dan orang tua mereka dalam pelatihan kesiapsiagaan bencana.

Khansa Khadijah, anggota Nuswantara Alpha berusia 13 tahun yang juga penggagas pelatihan ini, berharap dukungan doa dari orang tua dan kiai yang hadir. Ia menjelaskan bahwa Nuswantara Alpha adalah kelompok anak-anak generasi alpha, lahir setelah tahun 2010, yang bertujuan menjadi generasi muda Indonesia yang berguna bagi masyarakat.

Khansa juga menyatakan kebiasaannya mengikuti kegiatan positif Nuswantara Muda sejak kecil, dan sekarang ingin berpartisipasi dalam menyelenggarakan acara mini di kegiatan Nuswantara Muda. Ia menyebutkan rencana untuk acara berikutnya, yaitu Fashion Show untuk anak-anak PAUD di Kabupaten Bandung dalam Festival Sarung Majalaya ke-3, yang akan dilaksanakan sebelum bulan puasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan