Pemkot Depok Dorong Kualitas PAUD dengan Program Kampung Caraka di Kelurahan Sukamaju

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Depok melaksanakan program baru Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) di tingkat Rukun Warga (RW).

Menurut Lurah Sukamaju, Cilodong, Indra Cahyadi, Kampung Caraka adalah kampung yang berada di level RW dengan program lintas sektor terintegrasi. Tujuannya untuk mewujudkan Ketahanan Keluarga dan Kampung Cerdas.

“Selama ini banyak sekali kegiatan yang berada di level kelurahan, seperti yang dilakukan di Kelurahan Sukamaju, Cilodong dengan menggelar kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI),” kata Lurah Sukamaju, Indra Cahyadi, Selasa (8/8).

BACA JUGA: Pemulung Temukan Jasad Bayi di Tumpukan Sampah TPA Sarimukti

Program ini dilakukan agar tercipta peningkatan pembelajaran di PAUD yang ada di Kelurahan Sukamaju, kemudian menguatkan pemahaman pemangku kepentingan daerah tentang makna PAUD berkualitas dan pembelajaran berkualitas, serta menguatkan peran pemerintah daerah dalam mendampingi satuan PAUD menyusun Perencanaan Berbasis Data (PBD).

Kasi Kemas Kelurahan Sukamaju, Eva Lismawati mengatakan yang dimaksud PAUD berkualitas adalah PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar mampu berkembang secara utuh.

“PAUD berkualitas ditentukan dari kualitas layanannya, bukan dari kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya. Sarana prasarana adalah pendukung dalam memastikan lingkungan belajar di satuan PAUD aman dan nyaman bagi peserta didik,” tukas Eva Lismawati. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan