Panasonic-GOBEL dan SMKN 8 Bandung Bangun Sinergi Melalui Bengkel Teaching Factory

BANDUNG – Menggabungkan pendidikan dan praktik industri, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) meresmikan Panasonic Service Centre sebagai Bengkel Teaching Factory di SMKN 8 Bandung, Jl. Kliningan No. 31, Buah Batu, Bandung, Senin (28/10/2024).

Program ini menyediakan pelatihan teknis di bidang pendinginan dan tata udara, serta menawarkan sertifikasi kompetensi melalui BNSP dan jalur industri Panasonic. Inisiatif ini menjadi bagian dari langkah strategis Panasonic untuk memperkuat ekosistem pendidikan vokasi di Indonesia.

Dihadiri oleh Direktur GA & HR PT. Panasonic Manufacturing Indonesia, Harry Wibowo, MBA; Kepala Cabang PGI Bandung, Budi Hudaya; Disnaker Kota Bandung, Sugeng Supriyadi, BSc; Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung, Dr. Agus Setiawan, S.Pd, M.Si.; Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung, Drs. Agung Indaryatno, M.Pd.; Kepala Cabang Dinas Wilayah VII Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Yudi Mulyadi, S.STP, M.A.P; dan Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. Edy Purwanto, M.M.

Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Heru Santoso menyampaikan, program ini merupakan bagian dari komitmen Panasonic dalam mendukung pengembangan SDM berkompeten yang siap terjun di dunia industri.

Menurutnya, Kolaborasi ini juga melibatkan PT Panasonic Manufacturing Indonesia dan PT Gobel Dharma Nusantara, yang semakin memperkuat posisi Gobel grup dalam memajukan pendidikan vokasi di Indonesia. Program ini juga selaras dengan inisiatif Link and Match antara pendidikan dan industri, di mana keterampilan praktis siswa terus diasah melalui interaksi langsung dengan teknologi dan praktik industri terbaru.

“Panasonic tidak hanya berfokus pada produk berkualitas, tetapi juga ingin berperan dalam membentuk talenta muda yang mampu bersaing di pasar global. Peresmian Bengkel Teaching Factory ini menjadi langkah penting untuk mengintegrasikan pendidikan dan praktik industri. Kami percaya bahwa kolaborasi seperti ini adalah langkah strategis dalam menyiapkan tenaga kerja yang unggul dan siap bersaing,” ujar Heru.

Dalam upaya menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih terintegrasi, program Panasonic Authorized Sentra Service (PASS) juga hadir sebagai bagian dari Bengkel Teaching Factory ini. PASS didirikan untuk menjadi mitra kerja dalam pelayanan instalasi, reparasi, dan pemeliharaan produk Panasonic, sekaligus memberikan pengalaman langsung bagi siswa melalui magang industri dan praktek kerja lapangan (PKL).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan