Hery Antasari Sampaikan Pesan Menpora di Hari Sumpah Pemuda

JABAR EKSPRES – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar upacara di Plaza Balai Kota Bogor pada Senin, 28 Oktober 2024.

Upacara Hari Sumpah Pemuda 2024 mengusung tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’ dengan tujuan memperkuat kolaborasi di berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan untuk mendukung kemajuan pemuda.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari selaku inspektur upacara. Dalam kesempatan itu, Hery membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

BACA JUGA: Sendi-Melli Janjikan Rp1 Miliar Satu Kelurahan, Wujudkan Pembangunan Merata di Kota Bogor

Kata dia, Menpora mengajak seluruh elemen bangsa, terutama generasi muda, untuk memperingati momentum Sumpah Pemuda sebagai tonggak persatuan dalam keberagaman Indonesia.

“Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi Sumpah Pemuda pada tahun 1928 ini harus selalu didengungkan untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia,” ucap Hery saat membacakan sambutan Menpora.

Dalam mencapai visi ini, pemuda diharapkan menjadi penggerak pembangunan melalui partisipasi aktif dalam berbagai sektor, termasuk pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) dan peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

BACA JUGA: Peringati Hari Sumpah Pemuda 2024, Ahmad Syaikhu Dorong Keterlibatan Pemuda dalam Pembangunan Jawa Barat

Tahun ini, IPP Indonesia mencapai 56,33%, mencakup bidang pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja, serta partisipasi dan kepemimpinan.

“Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran di seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

Dalam hal ini, pemerintah daerah juga diharapkan aktif dalam kebijakan dan program kepemudaan melalui Rencana Aksi Daerah (RAD), sehingga tidak ada pemuda yang terabaikan dalam pengembangan diri.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2024: Poin Bagnaia Semakin Dekat dengan Jorge Martin 

“Melalui kesempatan ini, marilah kita bersama-sama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing,” tutur Hery.

Di samping itu, Menpora juga menyoroti peran penting pemuda dalam mewujudkan ‘Indonesia Emas 2045’ di tengah masa transisi pemerintahan baru.

Pada kesempatan ini, Pemkot Bogor turut memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi kepemudaan yang telah berkontribusi aktif dalam pelayanan kepemudaan di Kota Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan