Sambangi UMKM di Cipatat Bandung Barat, Bukti Komitmen Ilham Habibie Dukung Produk Lokal

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya bersama pasangan Calon Gubernur Jawa Barat yakni Ahmad Syaikhu membawa program khusus bagi para pelaku UMKM di Jawa Barat.

“Pertama adalah akses ke modal kerja dengan cara kredit ultra mikro. Kedua pelatihan khusus kepada pimpinannya yaitu UMKM harus punya kemampuan mengerti banyak bidang sekaligus,” katanya.

BACA JUGA: Tiga Unsur Pimpinan DPRD Kota Banjar Dilantik

“Pemasaran, permodalan iya mempertahankan produk kualitas dari pada produk iya, mengelola banyak manusianya pada umumnya pekerja iya, itu semuanya di pundak si pengusaha mikro kecil dan menengah,” imbuhnya.

Ia menegaskan, sektor UMKM merupakan salah satu bidang penting yang harus didorong untuk lebih maju. Oleh karena itu, selain dukungan modal dukungan lainnya dan juga pembinaan cukup penting dilakukan.

“Saya kira di situlahlah letak titik berat yang ditaruh di bidang. Maka itu buat kami itu adalah bidang sangat penting, boleh dikatakan top 3 yaitu pertama lapangan pekerjaan kedua, pendidikan dan lapang pekerjaan yang ketiga adalah secara khusus sektor UMKM,” katanya.

“Karena memang 90% lebih daripada lapangan pekerjaan yang ada di Jabar yaitu sektor UMKM dan juga ekonomi yang diciptakan sampai 60% nilai ekonomi dari UMKM,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan